Resmi! Telkomsel Jadi Pemenang Lelang Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz

Rahmi Yati
Jumat, 4 November 2022 | 11:21 WIB
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) secara resmi akhirnya ditetapkan sebagai pemenang seleksi pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022.

"Menteri Komunikasi dan Informatika telah menetapkan PT Telekomunikasi Selular sebagai Pemenang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022," demikian pengumuman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jumat (4/11/2022).

Adapun, disebutkan bahwa penetapan pemenang ini merujuk pada pengumuman hasil seleksi untuk pelaksanaan lelang harga. Telkomsel diketahui memberikan penawaran harga yang lebih tinggi dibandingkan peserta lelang lain yakni XL Axiata.

Saat mengumumkan hasil seleksi peserta lelang beserta harga penawaran per blok, Kemenkominfo menyebut Telkomsel menawar dengan harga Rp605.056.000.000.

Telkomsel dinyatakan sebagai peringkat hasil nomor satu, lantaran jumlah tawarannya lebih tinggi dari XL Axiata yakni senilai Rp540.000.000.000.

Usai mengumumkan peringkat berdasarkan harga penawaran, Kemenkominfo juga sempat memberikan masa sanggah. Peserta dapat menyampaikan sanggahan dalam bentuk tertulis maksimal satu hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi dengan menyertakan bukti yang memperkuat sanggahan. 

Akan tetapi, tidak ada sanggahan yang masuk terhadap pengumuman hasil seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022 tersebut.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengatakan dengan adanya seleksi pita frekuensi 2,1 GHz untuk penyelenggaraan jaringan bergerak seluler ini, Telkomsel berpartisipasi dalam memperkuat pengembangan layanan telekomunikasi berbasis digital.

Menurutnya, hal itu membutuhkan gelaran konektivitas jaringan broadband berteknologi terdepan, serta ketersediaan alokasi sumber daya frekuensi yang mencukupi, seiring dengan makin cepatnya adopsi layanan digital dalam aktivitas masyarakat Indonesia.

"Tambahan spektrum dari lelang frekuensi 2,1 GHz tersebut sangat penting untuk digunakan dalam meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan, baik secara peningkatan Quality of Service [QoS] maupun coverage layanan dengan terus melanjutkan roadmap pengembangan akses jaringan broadband 4G/LTE dan memperluas cakupan jaringan terkini 5G di seluruh Indonesia," ujar Saki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper