Menkominfo Apresiasi Jelajah Sinyal 2022 Bisnis Indonesia, Ini Manfaatnya

Sholahuddin Al Ayyubi
Kamis, 27 Oktober 2022 | 12:57 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (keempat kanan) melepas Tim Bisnis Indonesia Jelajah Sinyal dan Literasi Digital 2022 di Jakarta, Kamis (27/10/2022)/JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (keempat kanan) melepas Tim Bisnis Indonesia Jelajah Sinyal dan Literasi Digital 2022 di Jakarta, Kamis (27/10/2022)/JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika mengapresiasi program Jelajah Sinyal 2022 yang digelar Bisnis Indonesia di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mengatakan bahwa program itu merupakan upaya untuk melakukan check and balance terkait program yang tengah dilakukan Pemerintah Pusat terkait pembangunan menara BTS 4G di wilayah NTT.

Menurut Johnny, Pemerintah Pusat perlu mendapat masukan dari masyarakat melalui media Bisnis Indonesia yang melakukan peliputan langsung ke wilayah NTT.

"Program ini perlu dilakukan secara rutin agar kami ada check and balance untuk melihat program yang dilakukan dan harapan serta kebutuhan dari masyarakat," tuturnya di sela-sela acara Pelepasan Tim Jelajah Sinyal 2022 Bisnis Indonesia di Wisma Bisnis Indonesia, Kamis (27/10/2022).

Johnny menjelaskan pembangunan menara BTS 4G di wilayah 3T (terluar, terdepan dan tertinggal) merupakan salah satu ikhtiar Pemerintah Pusat untuk mempersempit disparitas antara wilayah di Indonesia.

"Selain membangun menara BTS 4G kita juga telah menyiapkan satelit untuk menutup wilayah yang ada blankspot-nya," katanya.

Sebagai informasi, Bisnis Indonesia menggelar program “Jelajah Sinyal: Menjangkau yang Terjauh” untuk memotret penyelenggaraan telekomunikasi dan dampaknya pada masyarakat di daerah, khususnya di kawasan tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Program ini akan dilaksanakan sejak 27 Oktober 2022 hingga 10 November 2022 dengan menyisir daratan Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melihat langsung fakta di lapangan mengenai perkembangan layanan telekomunikasi, internet, dan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan serta dampaknya pada peningkatan kualitas hidup masyarakat di berbagai sektor, termasuk pendidikan dan kesehatan.

Jelajah Sinyal akan dilanjutkan dengan program Festival Literasi Digital yang akan mengetengahkan laporan hasil program peliputan dan merumuskan rencana atau program baru bagi pengembangan ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang ditopang oleh teknologi informasi di wilayah NTT.

Jelajah Sinyal 2022
Jelajah Sinyal 2022


Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kedua kanan) berbincang dengan Direktur Pemberitaan Bisnis Indonesia Group sekaligus Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin (kiri) di sela-sela pelepasan Tim Bisnis Indonesia Jelajah Sinyal dan Literasi Digital 2022 di Jakarta, Kamis (27/10/2022) - JIBI/Bisnis/Himawan L. Nugraha

Harapannya, seminar dan workshop Festival Literasi Digital dapat mendorong anak-anak muda di NTT agar semakin kreatif dan berdaya guna dalam memanfaatkan perkembangan teknologi bagi kemajuan ekonomi dan peningkatan kualitas pendidikan serta kesehatan di daerah.

Adapun, program Jelajah Sinyal ini didukung oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), PT Telekomunikasi Seluler, PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (Mitratel), PT XL Axiata Tbk. (XL), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk., dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper