Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar 8 Perusahaan Terbesar di Dunia, Ada Microsoft dan Apple

Simak daftar perusahaan terbesar di dunia ini perlu kamu ketahui jika kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 26 Oktober 2022  |  17:44 WIB
Daftar 8 Perusahaan Terbesar di Dunia, Ada Microsoft dan Apple
Microsoft menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan terbesar di dunia memiliki nilai saham yang tinggi. Hal ini menyebabkan mereka terus tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar, serta membuat mereka menjadi salah satu perusahaan yang pastinya kamu impikan. 

Tidak bisa dipungkiri jika perusahaan teknologi merupakan salah satu perusahaan industri yang paling kuat sehingga dapat mendorong pembentukan ekonomi global. Apalagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi juga sering kali terlibat dalam penelitian, pengembangan dan juga pembuatan barang serta jasa berbasis teknologi. 

Berikut ini beberapa daftar perusahaan terbesar di dunia yang telah dilansir dari berbagai sumber:

1. Walmart Inc

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1962, Walmart sudah berkembang menjadi salah satu retail terbesar di dunia. Perusahaan ini mengoperasikan toko diskon, supercenter, serta platform online yang kuat. 

Perusahaan Walmart berbagai macam barang dagangan dan pakaian jadi, perlengkapan rumah tangga, perhiasan, buku, makanan dan minuman, persediaan farmasi hingga peralatan otomotif.

2. Apple Inc

Apple mendesain memproduksi dan memasarkan berbagai produk teknologi konsumen, yang termasuk smartphone, tablet, aksesoris komputer pribadi dan perangkat hiburan. Di antara produk perusahaan yang paling populer adalah jajaran smartphone Iphone dan computer Mac. 

Apple juga membangun bisnis layanan yang berkembang pesat, mengoperasikan toko konten digital, menjual video game streaming dan menyediakan layanan streaming seperti Apple+, platform untuk konten hiburan sesuai permintaan. 

3. Amazon.com Inc

Amazon merupakan pengecer online terbesar di dunia yang berdasarkan kapitalisasi pasar. Perusahaan dimulai sebagai penjual buku online dan sejak itu berkembang mencakup hampir semua kategori ritel. 

Selain menjual barang melalui e-commerce, Amazon memiliki anak perusahaan termasuk Whole Foods Market dan perusahaan keamanan rumah Ring. Area bisnis Amazon yang tumbuh paling cepat adalah layanan komputasi awan, produk berlangganan seperti Amazon Prime dan streaming film hingga hiburan yang lainnya. 

4. Saudi Aramco

Saudi Aramco merupakan perusahaan minyak Arab Saudi dengan kapitalisasi pasar hingga 2,206 triliun dollar. Arab Saudi merupakan bagian dari negara-negara Organization of The Petroleum Exporting bersama dengan 12 negara lainnya, yang menyumbang 44 persen dari produksi minyak di dunia. 

Saudi Aramco yang berbasis di Dhahran, mengumpulkan rekor US$25,6 miliar dalam penawaran umum perdana yang didirikan pada tahun 1933. Pada 2020 lalu, perusahaan ini mencatatkan pendapatan sebesar US$230 miliar. 

Aramco memiliki anak perusahaan di Jepang, Cina, Rusia, UEA, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan banyak negara lainnya. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 66.800 karyawan di seluruh dunia, dan pemerintahan Arab Saudi memegang 98,5 persen saham perusahaan. 

5. Microsoft

Microsoft merupakan perusahaan terkaya ketiga di dunia, dengan kapitalisasi pasar USD 1,979 Triliun. Perusahaan ini didirikan oleh Bill gates dan Paul Allen, Microsoft saat ini menjadi perusahaan perangkat lunak komputer terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki kantor pusat yang berlokasi di Redmond, Washington dah memiliki pendapatan hingga 143 miliar dollar. 

6. Tesla

Tesla merupakan perusahaan otomotif dan energi Amerika yang juga merupakan produsen kendaraan listrik terbesar di dunia. Perusahaan ini menguasai kapitalisasi pasar sebesar US$756,87 miliar. 

Tesla bersama 27 perusahaan lain sudah membentuk ZETA (Zero Emission Transport Association) pada tahun 2020 untuk memindahkan semua kendaraan pembakaran internal ke listrik. Tesla Inc yang berbasis di Palo-Alto didirikan oleh Martin Eberhard dan Marc Tarpenning pada tahun 2003. 

Saat ini, Elon Musk menjadi CEO dari Tesla yang merupakan pemegang saham utamanya sebesar 22 persen. Tesla memiliki 70.700 karyawan dan 598 toko ritel yang tersebar di berbagai belahan dunia. 

7. Johnson & Johnson

Perusahaan ini merupakan perusahaan farmasi asal Amerika yang membuat peralatan medis, obat-obatan, vaksin dan juga produk perawatan bayi. Pada tahun 2021, Johnson & Johnson memiliki pendapatan sebesar 91,44 miliar dollar. 

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1886 oleh Robert Wood Johnson I, James Wood Johnson, dan Edward Mead Johnson. Salah satu perusahaan terkaya di dunia ini beroperasi di 60 negara berbeda dan memiliki 250 anak perusahaan. 

8. Alfabet

Perusahaan ini adalah perusahaan multinasional Amerika, yang merupakan perusahaan induk dari Google LLC dan beberapa anak perusahaan lainnya. Perusahaan ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998 ketika mereka belajar di universitas Stanford. Pada tahun 2021, alphabet menghasilkan pendapatan sebesar USD 182,5 miliar dan mempekerjakan hampir 135.000 karyawan di seluruh dunia. 

Itulah beberapa daftar perusahaan terbesar di dunia yang perlu kamu tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perusahaan perusahaan asing walmart saudi aramco tesla microsoft apple
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top