Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah BUMN 2022: mySooltan Telkom (TLKM), Jadi Jembatan UMKM untuk Naik Kelas

Tidak hanya menjadi penghubung antara UMKM dengan pasar, mySooltan bakal berkembang menjadi super aplikasi yang bisa memberikan akses pembiayaan kepada UMKM.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 26 September 2022  |  10:34 WIB
Jelajah BUMN 2022: mySooltan Telkom (TLKM), Jadi Jembatan UMKM untuk Naik Kelas
Juru parkir melayani tim Jelajah BUMN 2022 melakukan pembayaran eParkir di kawasan Pasar Gedhe, Solo, Jawa Tengah, Senin (19/9). Aplikasi pembanyaran parkir secara elektronik ini dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) dalam rangka digitalisasi di daerah. Melalui aplikasi eParkir ini, warga dapat melakukan pembayaran sesuai tarif yang ditentukan menggunakan fitur QRIS. - Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Aplikasi mySooltan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menjadi mesin penggerak perekonomian UMKM di Jawa Tengah. Tidak hanya menjadi penghubung antara UMKM dengan pasar, mySooltan rencananya bakal berkembang menjadi super aplikasi yang bisa memberikan akses pembiayaan kepada usaha kecil menengah.

General Manager Telkom Wilayah Usaha Telekomunikasi (Witel) Solo Pribadi Nirwana mengatakan bahwa dalam mendukung UMKM melompat lebih tinggi, perseroan juga melakukan pelatihan bagi UMKM. Pelatihan utamanya berfokus pada digital marketing dan cara mengakses finansial, baik administrasi maupun cara mendapat pembiayaan.

“Dengan mySooltan kami jembatani UMKM, sehingga membantu keuangan mereka. Dalam aplikasi mySooltan itu nanti kami juga memiliki lender. Ada dari banking, finansial, atau industri finansial yang bisa memberikan pinjaman kepada UMKM yang tergabung di mySooltan,” kata Nirwana kepada Bisnis di Solo, beberapa waktu lalu.  

mySooltan, kata Nirwana, juga akan menghubungkan antara petani dengan pasar dan supplier. Diharapkan mySooltan juga dapat menghubungkan petani dengan lembaga finansial sehingga mereka makin mudah dalam mengakses pendanaan. Telkom berambisi untuk menghadirkan solusi dari ujung ke ujung kepada UMKM dan petani.

Tidak hanya mySooltan, ujar Nirwana, Telkom juga membantu UMKM dan petani memasarkan produk mereka secara terarah atau targeted melalui UseeTV, layanan televisi interaktif pertama di Indonesia dari IndiHome. Dengan UseeTV, petani dan UMKM dapat memasang iklan secara geotargeting.

Untuk diketahui, geotargeting adalah jenis iklan yang menggunakan data lokasi konsumen untuk menjangkau konsumen dalam area tertentu.

“Jadi misalnya mereka butuh terhubung dengan konsumen di Jakarta saja, itu nanti iklannya akan muncul di Jakarta saja,” kata Nirwana.

Sementara itu untuk perusahaan rintisan di Solo, Telkom telah Digital Lounge, tempat tukar pikiran dan saling berbagi. Dia berharap ke depan ada data center neuCentrIX di Solo, sehingga Solo dapat makin digital dan lahir lebih banyak perusahaan rintisan.

neuCentrIX merupakan data center yang terhubung dengan jaringan Telkom dan operator lainnya, baik domestik maupun global. neuCentrIX mampu memenuhi kebutuhan Internet berkecepatan tinggi dan akses produk digital yang akan mendukung perkembangan bisnis di masa depan.

“Harapan kami ada data center di Solo, sehingga nanti lebih dekat untuk pengembang-pengembang,” kata Nirwana.

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan per kuartal I/2022 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 210,02 juta pengguna (tingkat penetrasi 77,02 persen), meningkat 6,78 persen dibandingkan dengan 2021 yang sebanyak 196,7 juta pengguna. Dari jumlah tersebut, sebanyak 43,92 persen berasal di Pulau Jawa.

Sebanyak 77,64 persen dari jumlah tersebut menggunakan mobile data untuk terhubung dengan Internet, sementara itu sebanyak 20,61 persen menggunakan jaringan WiFi di rumah dan 0,96 persen menggunakan jaringan WiFi publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom umkm internet
Editor : Thomas Mola
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top