Resmi! Steam, Dota, hingga Paypal Diblokir Kominfo Hari Ini

Restu Wahyuning Asih
Sabtu, 30 Juli 2022 | 09:45 WIB
PayPal/Istimewa
PayPal/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara resmi telah memblokir beberapa situs yang tak mendaftar di Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat (platform digital) besar.

Per hari ini, Sabtu (30/7/2022), sebanyak 5 situs gaming telah diblokir oleh Kominfo. Di antaranya Epic Game, Steam, Dota, Counter Strike, Origin EA.

Dari pantauan Bisnis, beberapa layanan provider masih bisa menyediakan info mengenai game ini. Sayangnya, kelima situs tersebut telah masuk dalam daftar pemblokiran TRUST Positif.

Trust Positif merupakan situs yang dibuat Kemenkominfo untuk menampung aduan-aduan dari masyarakat terkait konten internet.

Kominfo kemudian menambahkan 3 situs lagi yang telah masuk ke dalam daftar pemblokiran. Terbaru yakni Yahoo Search Engine, Xandr dan PayPal.

Pemblokiran ini dilakukan sesuai dengan pengamatan Direktotrat Pengendalian Aplikasi dan Informatika (Aptika), Direktorat Jenderal Aptika, Kementerian Kominfo terhadap 100 Sistem Elektronik dengan trafik tertinggi yang belum melakukan pendaftaran.

Kemudian, pembatasan akses juga akan dilakukan lagi oleh Kominfo terhadap situs-situs lain yang tak mendaftar di PSE.

Namun kabar baiknya, pemblokiran ini bersifat sementara sampai platform digital tersebut resmi mendaftarkan diri ke PSE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper