Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telkomsel Luncurkan TAP-MNV untuk Keamanan Digital Korporasi

Telkomsel meluncurkan TAP-MNV sebagai solusi untuk keamanan digital korporasi.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 28 Juni 2022  |  20:27 WIB
Telkomsel Luncurkan TAP-MNV untuk Keamanan Digital Korporasi
Peluncuran TAP-MNV, solusi keamanan digital dari Telkomsel. - Bisnis/Rahmi Yati

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel meluncurkan Mobile Network Verification (MNV), bagian dari solusi Telkomsel Authentication Protection (TAP) untuk meningkatkan pengamanan data informasi digital melalui pemanfaatan teknologi otentikasi di segmen korporasi (enterprise).

Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo mengatakan dengan menggunakan sistem keamanan digital TAP-MNV, pengguna dapat terhindar dari berbagai tindak kejahatan siber seperti social engineering, phishing hingga scam yang sangat merugikan.

"Solusi keamanan digital TAP-MNV memungkinkan pengguna melakukan otentikasi menggunakan URL yang diverifikasi melalui nomor telepon [MSISDN] dengan memanfaatkan jaringan operator selular secara real-time," katanya saat peluncuran, Selasa (28/6/2022).

Dia menyebut, saat ini aktivitas digital masyarakat makin berkembang dan perlu diimbangi dengan penguatan keamanan dari ancaman kejahatan siber.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sambung Hanang, mencatat terdapat 1,6 miliar serangan siber yang terjadi sepanjang 2021. Adapun kasusnya meliputi peretasan, phishing, scam dan lain sebagainya.

"Sistem TAP-MNV akan melakukan validasi URL yang hanya diketahui oleh device atau mobile apps dan TAP-MNV sehingga menghilangkan faktor interaksi oleh pengguna untuk keamanan yang lebih baik," imbuhnya.

Lebih lanjut Hanang mengeklaim, validasi URL ini juga tidak terbatas hanya pada jaringan Telkomsel, tetapi bisa dilakukan pengguna dengan jaringan Wi-Fi atau bahkan operator selain Telkomsel.

Teknologi tersebut, sebutnya, merupakan bentuk otentikasi implisit oleh jaringan operator dan menghapus sistem verifikasi dua langkah yang selama ini masih berisiko diretas dan cukup menyita waktu.

"Melalui solusi keamanan digital TAP-MNV, Telkomsel berupaya untuk membangun metode pengamanan yang lebih baik dibandingkan metode One Time Password [OTP] yang saat ini banyak diterapkan oleh perusahaan di Indonesia," imbuhnya.

Sebagai tambahan, layanan TAP-MNV ini hadir untuk menjawab kebutuhan keamanan data informasi digital yang telah jadi prioritas bisnis bagi pelanggan enterprise seiring dengan masifnya penyebaran dan kompleksitas data informasi digital pada operasional bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel keamanan data keamanan siber
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top