Caplok Saham Link Net Rp8,72 Triliun, XL Axiata (EXCL) Perkuat Layanan Wireless

Khadijah Shahnaz
Rabu, 22 Juni 2022 | 19:45 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Axiata Group Berhad dan PT XL Axiata Tbk telah menyelesaikan akuisisi saham PT Link Net Tbk. sebanyak 66,033 persen dengan harga sekitar Rp8,72 triliun.

Pasca penyelesaian akuisisi, Axiata Investments Sdn Bhd (AII ), anak perusahaan yang secara tidak langsung dimiliki Axiata, dan XL Axiata memegang masing-masing saham sebesar 46,03 persen dan 20,00 persen dari gabungan keseluruhan saham Link Net sebesar 66,03 persen yang sebelumnya dimiliki oleh Asia Link Dewa Pte. Ltd. dan PT First Media Tbk.

Total kepemilikan Axiata atas saham Link Net melalui AII dan XL Axiata setelah selesainya akuisisi ini adalah sebesar 58,33 persen.

AII sekarang akan berkewajiban untuk melakukan penawaran tender wajib untuk membeli 33,97 persen saham Link Net yang tersisa sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia (Rencana MTO). Detail mengenai rencana MTO akan diumumkan pada waktunya yang telah ditentukan yaitu pada kuartal III/2022.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan XL sangat senang dengan potensi dan kemungkinan yang muncul dari akuisisi ini. Sejak diumumkan pertama kali, XL telah mengidentifikasi beberapa area sinergi yang terbuka dari kerja sama ini dan dapat dilakukan bersama dengan Link Net.

Dian menjelaskan dengan memanfaatkan kekuatan kolektif XL dalam konektivitas seluler, pita lebar berbasis kabel (fixed broadband), dan konten, akuisisi ini dapat memberikan solusi terintegrasi yang seamless bagi pengguna XL Axiata.

"Ini akan mendukung pencapaian visi XL untuk menjadi operator konvergensi terkemuka dengan memberikan solusi terintegrasi yang seamless kepada pelanggan kami yang semakin paham digital," ujar Dian dalam keterangan resmi, Rabu (22/6/2022).

Dengan akuisisi ini, Link Net dan XL Axiata akan berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan sinergi melalui kombinasi posisi bersama di dalam penyediaan layanan komunikasi tanpa kabel (wireless) dan layanan-layanan komunikasi lainnya, berbagi jaringan tulang punggung (backbone) dan transmisi, serta hubungan yang luas antara kedua pelanggan di Indonesia.

Digabung dengan layanan korporasi milik XL Axiata termasuk koneksi seluler, Link Net akan lebih siap untuk memanfaatkan pasar korporasi yang sedang berkembang di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper