Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Microsoft Suntik Mati Browser Internet Explorer, Ini Gantinya

Microsoft telah mengakhiri dukungan untuk Internet Explorer mulai hari ini.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  13:45 WIB
Microsoft Suntik Mati Browser Internet Explorer, Ini Gantinya
Ilustrasi browser komputer - Creative Commons

Bisnis.com, JAKARTA - Microsoft telah mengakhiri dukungan untuk Internet Explorer pada beberapa versi Windows pada hari ini, Rabu (15/6/2022) setelah hampir 27 tahun menemani penggunanya.

Setelah mencapai akhir masa pakainya, media browser lawas yang diluncurkan pada 24 Agustus 1995 ini akan diganti dengan Microsoft Edge baru berbasis Chromium. Dengan begitu, pengguna juga secara otomatis akan dialihkan ke Edge saat meluncurkan IE11.

Dilansir dari Bleeping Computer, Rabu (15/6/2022), penghentian ini akan memengaruhi aplikasi desktop Internet Explorer 11 pada versi Windows 10 tertentu yang dikirimkan melalui Saluran Semi-Tahunan (SAC) ke sistem yang menjalankan SKU klien Windows 10 (versi 20H2 dan yang lebih baru) dan Windows 10 IoT (versi 20H2 dan yang lebih baru).

Internet Explorer juga tidak tersedia di Windows 11 karena Microsoft Edge baru berbasis Chromium adalah browser web default. Termasuk Windows 7 ESU, Windows 8.1, dan semua versi klien Windows 10 LTSC, IoT, dan Server.

"Aplikasi desktop Internet Explorer [IE] 11 akan mengakhiri dukungan untuk saluran semi-tahunan Windows 10 mulai 15 Juni 2022," kata Microsoft dalam keterangan resminya.

Adapun untuk sistem operasi yang didukung Internet Explorer 11 akan terus menerima pembaruan keamanan dan dukungan teknis untuk menghidupkan versi Windows yang diinstal.

Meski begitu, dihentikannya layanan Internet Explorer ini sepertinya tidak mengejutkan siapa pun karena Microsoft telah mendorong pelanggan untuk beralih dari Internet Explorer selama beberapa tahun terakhir.

Pada Agustus 2020, perusahaan mengumumkan rencana untuk menghentikan dukungan untuk browser web Internet Explorer 11 di Windows 10 dan Microsoft 365, dengan pengumuman resmi penghentian aplikasi desktop Internet Explorer 11 dikeluarkan pada 19 Mei 2021.

Kemudian Microsoft melanjutkan untuk menghentikan dukungan IE di Teams pada 30 November 2020, dan mengakhiri dukungan di seluruh perangkatnya.

"Pelanggan didorong untuk pindah ke Microsoft Edge dengan mode IE. Mode IE memungkinkan kompatibilitas mundur dan akan didukung setidaknya hingga 2029," tambah Microsoft.

Sebagai informasi, untuk mengaktifkan mode IE di Edge, Anda harus membuka edge://settings/defaultbrowser, aktifkan 'Izinkan situs untuk dimuat ulang di Internet Explorer,' dan mulai ulang browser web.

Dalam panduan Memulai ini, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang mode IE dan cara bertransisi ke Microsoft Edge yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

microsoft microsoft corp. browser
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top