Kopi Kenangan Pimpin Konsorsium Pendanaan Startup Eratani Senilai Rp23 Miliar

Khadijah Shahnaz
Kamis, 2 Juni 2022 | 17:57 WIB
Ilustrasi startup./olpreneur.com
Ilustrasi startup./olpreneur.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Startup agri-tech Eratani mengumumkan mendapatkan pendanaan  awal sebesar sebanyak Rp23 miliar dari 29 investor. Trihill Capital dan Kenangan Fund memimpin pendanaan tersebut.  

Turut terlibat dalam investasi ini sejumlah investor seperti Edward Tirtanata selaku Co-Founder dan CEO Kopi Kenangan, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa selaku Co-Founder dan CMO dari Kopi Kenangan, Benedicto Haryono selaku Co-Founder dan CEO Koinworks, John Marco Rasjid selaku Co-Founder dan CEO dari Sociolla, Vidit Agrawal selaku Founder dan CEO Gaji Gesa, dan beberapa prominent angel investor lainnya

CEO sekaligus Founder Eratani Andrew Soeherman mengatakan dana segar tersebut rencananya akan digunakan sepenuhnya untuk membangun ekosistem dan supply chain. Dana itupun dikucurkan untuk memperkuat ekspansi dan penetrasi di seluruh penjuru pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Modal tersebut juga dibutuhkan untuk mengembangkan Super App Eratani, platform berteknologi tinggi, yang dikhususkan bagi petani Indonesia.

Eratani ini diciptakan dengan harapan mampu menjawab kebutuhan petani melalui digitalisasi pertanian, antara lain dengan memberikan kemudahan akses permodalan, edukasi pengolahan lahan, sarana produksi pertanian, dan pengelolaan hasil panen.

“Rencana ini terus memperkokoh misi Eratani untuk menyejahterakan petani di Indonesia,” ujar Andrew dalam keterangan resmi pada Kamis (2/7/2022).

Andrew pun menjelaskan  dari awal Eratani hadir di Indonesia, pihaknya  terus berusaha menjawab apa yang menjadi kebutuhan petani Indonesia, serta membantu melewati tantangan yang dihadapi para petani.

Salah satunya adalah fokus utama Ertani untuk memberikan kemudahan akses pada seluruh proses di dalam industri pertanian, hulu ke hilir. Itulah sebabnya pembangunan Super App ini menjadi kunci percepatan tersedianya ekosistem digital yang terpercaya bagi petani.

“Dengan kepercayaan dari investor, kami ingin melakukan ekspansi di pulau Jawa, merekrut talen potensial, dan mengembangkan teknologi yang kami miliki dan menjadikannya sebagai aplikasi yang modern, adaptable, dan user friendly bagi petani di seluruh Indonesia,” ungkap Andrew.

Adapun, sektor pertanian hingga saat ini masih menjadi pilar utama dalam meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya para petani itu sendiri. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 menunjukkan 46,30 persen dari data sumber penghasilan utama yaitu jumlah rumah tangga yang tergolong miskin di Indonesia, sebagian besar ternyata berasal dari sektor pertanian.

Saat ini Eratani telah memiliki lebih dari 5.000 petani binaan yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Setiap petani binaan yang tergabung pada program Eratani dapat menikmati berbagai layanan mulai dari kemudahan akses pada pembiayaan, kebutuhan sarana produksi pertanian, hingga pengelolaan hasil panen.

“Kedepannya Eratani ingin lebih banyak berkolaborasi dengan badan usaha pangan guna meningkatkan ketahanan pangan nasional, dan membantu pemerintah dalam mendorong pertumbuhan sektor pertanian yang merata di seluruh Indonesia,” tutup Andrew.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper