Farmaklik Grup dan UI Bangun Apotek Berbasis Digital

Akbar Evandio
Selasa, 31 Mei 2022 | 05:10 WIB
Kampus Universitas Indonesia (UI)./Istimewa
Kampus Universitas Indonesia (UI)./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Farmaklik Grup dan Universitas Indonesia (UI) menyampaikan akan segera menghadirkan apotek berbasis digital pertama untuk menghadapi tantangan masa depan.

Presiden Direktur Farmaklik Group Ridho Muhammad Sakti mengatakan, pengelolaan apotek di Indonesia saat ini masih dijalankan secara konvensional, sehingga diharapkan menjadi jawaban permasalahan tersebut.

“Apotek berbasis teknologi digital kami telah memfasilitasi lebih dari 16.000 apotek. Dalam praktiknya mendatang, sistem manajemen rantai pasok apotek berbasis data daring dan luring ini diharap dapat menghubungkan rantai apotek di seluruh Indonesia,” ujarnya lewat rilisnya, Selasa (31/5/2022).

Dia melanjutkan, rantai apotek yang dimaksudkan meliputi sistem real-time pengelolaan, distribusi barang, inkubasi, dan pendanaan apotek dalam satu aplikasi.

Pogram bertajuk Apotek Pharma UI akan menjadi Permodelan Nasional Apotek Masa Depan, dengan memaksimalkan kemampuan riset akademis, standarisasi layanan Pendidikan apoteker disektor Farmasi klinis dipadukan dengan ekosistem yang telah dibangun oleh Farmaklik Grup.

“Kami meyakini Apotek Pharma UI menjadi incubator bagi mahasiswa farmasi UI untuk menjadi pharmapreneur dan studi update Pendidikan profesi apoteker,” katanya.

Tidak hanya itu, Ridho menyatakan pihaknya juga sedang membangun ekosistem kefarmasian dari hulu ke hilir yang berkelanjutan. Ekosistem tersebut mencakup dari pendidikan dan riset, hingga rantai distribusi dan ritel termasuk di dalamnya industri farmasi, distributor, apotek, rumah sakit hingga klinik.

Sekadar informasi, kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Presiden Direktur Farmaklik Group Ridho Muhammad Sakti dengan sejumlah pihak UI, mulai dari Dekan Farmasi UI Arry Yanuar dan Direktur UI Advisory Firdaus Rosean Rony.

Kemudian, turut hadir Komisaris UI Advisory merangkap Direktur PT UI Corpora Syahnan Poerba serta Direktur Kerja Sama UI Toto Pranoto. Adapun, penandatanganan kesepakatan kerja sama tersebut dilangsungkan di Gedung Rektorat UI Salemba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper