Awas! Jangan Asal Klik Allow Akses Kamera/Mikrofon Aplikasi

Rahmi Yati
Senin, 30 Mei 2022 | 19:37 WIB
Mengabadikan momentum. /OPPO
Mengabadikan momentum. /OPPO
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengingatkan masyarakat selaku pengguna smartphone agar tidak sembarangan memberi akses atau klik "allow" untuk fitur kamera atau mikrofon dari sebuah aplikasi ponsel.

Dikutip dari akun Instagram @Kemenkominfo, Senin (30/5/2022), ternyata ada sejumlah risiko yang mengintai bila pengguna gadget tidak cermat dan hati-hati dalam memberi izin akses tersebut.

"Mulai sekarang hati-hati ya #Sobatkom! Coba perhatiin lagi ya sebelum ngasih izin akses biar nggak jadi bumerang buat kamu. Nggak mau kan lagi enak-enakan rebahan pakai kaus belel diliatin lewat kamera? Atau pas lagi sesi karaoke sendiri eh ternyata ada yang ikut denger," tulis Kemenkominfo.

Dalam unggahannya, Kemenkominfo mengatakan memberi akses kamera atau mikrofon sembarangan berpotensi membuat gadget disadap pihak tak bertanggung jawab.

Adapun tips menghindarinya, pertama adalah memahami fungsi website/aplikasi. Kalau aplikasinya ada fitur video call, berarti pengguna bisa memberi akses kamera dan mikrofon. Namun bila tidak, tentu permintaan izin akses tersebut patut dicurigai.

Kemudian pakai penutup kamera. Menutup kamera gadget saat tidak digunakan juga bisa mencegah tindakan penyadapan.

Terakhir, rutin cek pengaturan. Bagi yang sudah terlanjur asal memberi izin akses, bisa dicek di bagian pengaturan HP atau browser kemudian pilih lagi aplikasi mana yang benar-benar penting untuk diberikan akses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper