Platform Freelancer Konten Kreatif Berbasis Crowdsourcing Dinilai Semakin Diminati

Andhika Anggoro Wening
Senin, 30 Mei 2022 | 15:47 WIB
Ilustrasi/ANTARA FOTO-Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi/ANTARA FOTO-Akbar Nugroho Gumay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT. Sribu Digital Kreatif (“Sribu”), meyakini platform freelancer konten kreatif dan pemasaran digital berbasis crowdsourcing akan semakin diminati oleh para pelaku usaha yang mencari kecepatan, fleksibilitas dan ketersediaan pilihan calon tenaga kerja. 

Kebutuhan yang mendesak untuk segera beralih ke digital dan memaksimalkan potensi ekonomi digital di Indonesia menjadi alasan utama para pelaku usaha kian melirik metode perekrutan ini.

Mengutip laporan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, nilai transaksi perdagangan digital (e-commerce) Indonesia pada tahun 2021 mencapai Rp401,25 triliun; bertumbuh lebih dari 50 persen dibandingkan pada tahun 2020 yaitu sebesar Rp 266,3 triliun. Laporan dari Google e-Conomy SEA 2021 menunjukkan pertambahan jumlah konsumen digital baru yang cukup tinggi dengan lokasi sebaran yang semakin merata. Tercatat, terdapat 21 juta konsumen digital baru sejak pandemi (sampai dengan semester pertama 2021) dengan 72% berasal dari area non-metropolitan. 
 
Ryan Gondokusumo, Founder dan CEO Sribu mengatakan, "Pandemi Covid-19 telah mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan sangat cepat dan masif. Hal ini terlihat dari pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia dengan sebaran demografi konsumen digital yang semakin merata selama dua tahun terakhir ini. Perdagangan digital (digital commerce) yang semula terbatas untuk kalangan tertentu kini telah menjadi hal umum dan dinikmati oleh khalayak ramai. Kondisi ini pada akhirnya membuat pelaku usaha harus segera membangun mereknya di pasar digital."
 
Konten dan strategi pemasaran merupakan kunci bagi para pelaku usaha untuk mencapai kesuksesan di era digital seperti saat ini.  Ide cerita yang menarik dan dekat dengan keseharian menjadi aspek yang sangat penting dalam pembuatan konten yang menarik bagi konsumen. Selain itu, kualitas konten, baik secara audio maupun visual juga menjadi hal yang diperhatikan oleh konsumen. Untuk membuat konten berkualitas tinggi dan menarik konsumen, tentu membutuhkan keterampilan para ahli di bidang masing-masing. 
 
“Kedepannya, tenaga professional dalam pembuatan konten (termasuk desain, fotografi, videografi, penulisan), pembuatan website, social media marketing, dan end-to-end digital marketingakan semakin dibutuhkan. Para pelaku usaha akan semakin bersaing untuk mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di bidangnya. Biaya, kualitas, dan kecepatan merupakan beberapa aspek yang menjadi pertimbangan pelaku usaha dalam perekrutan. Platform freelancing seperti Sribu merupakan solusi yang dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut,” tambah Ryan.  
 
Sebagai platform crowdsourcing terbesar dan terdepan di Indonesia, Sribu mencatatkan pertumbuhan yang sehat dengan rata-rata kenaikan jumlah transaksi sebesar 10-15 persen setiap tahunnya. Saat ini, lebih dari 15.000 pelaku usaha kecil hingga besar telah menggunakan jasa Sribu seperti Pertamina, DHL, Manulife Investment Management, Indesso, Intiland, Kebab Baba Rafi, Sari Munik, Mega Jaya,  dan masih banyak lagi. 

“Tahun ini kami menargetkan jumlah pekerjaan yang diselesaikan melalui platform kami sampai dengan 25.000 pekerjaan dan untuk 5 tahun ke depan, kami menargetkan 500.000 pekerjaan diselesaikan melalui platform kami. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan konsisten untuk mengakomodasi kebutuhan pelaku usaha dan freelancer dengan menyediakan wadah yang aman dan nyaman untuk bertemu dan bertransaksi," tutup Ryan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper