Pecah Rekor! Letusan Gunung Berapi Tonga Kirim Gelombang Atmosfer ke Seluruh Bumi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 Mei 2022 | 07:53 WIB
Erupsi Tonga/nasa
Erupsi Tonga/nasa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Letusan gunung berapi Tonga  memecahkan rekor mengirim gelombang atmosfer ke seluruh Bumi. Letusan tersebut juga menyebabkan tsunami yang bergerak cepat.

Sebuah gunung berapi bawah laut meletus pada bulan Januari di dekat negara Pasifik Tonga dan mengirimkan gelombang tekanan besar yang berpacu melalui atmosfer bumi, di mana mereka menjilat planet ini beberapa kali. Gunung berapi terakhir yang menghasilkan riak besar di atmosfer adalah Krakatau pada tahun 1883, selama salah satu letusan gunung berapi paling merusak dalam sejarah, sebuah studi baru menunjukkan.

Ini menjadi gunung berapi merusak dalam sejarah, sebuah studi baru menunjukkan.

"Peristiwa gelombang atmosfer ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam catatan geofisika modern," kata penulis pertama Robin Matoza, seorang profesor di Departemen Ilmu Bumi di University of California, Santa Barbara dilansir dari Livesience.

Penelitian, yang diterbitkan Kamis (12 Mei) di jurnal Science, mengungkapkan bahwa denyut tekanan yang dihasilkan oleh gunung berapi Tonga "sebanding amplitudonya dengan letusan Krakatau tahun 1883 dan dalam urutan besarnya lebih besar daripada letusan Gunung St. . Erupsi Helen," kata Matoza. Semakin tinggi amplitudo suatu gelombang, semakin kuat gelombang tersebut.

Studi kedua, yang juga diterbitkan 12 Mei di Science, menunjukkan bahwa denyut kuat ini tidak hanya mengguncang atmosfer, tetapi juga mengirimkan riak-riak yang berpacu melintasi lautan di bawahnya. Faktanya, gelombang atmosfer menghasilkan meteotsunami kecil yang bergerak cepat yang berarti serangkaian gelombang yang didorong oleh gangguan tekanan udara yang mencapai pantai beberapa jam sebelum tsunami konvensional yang digerakkan oleh seismik yang dihasilkan oleh ledakan gunung berapi.

Letusan yang sangat energik

Gunung berapi Tonga — disebut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, atau hanya Hunga — terletak sekitar 40 mil (65 kilometer) barat laut ibu kota Tonga, Nuku'alofa. Ini adalah salah satu dari 12 gunung berapi bawah laut yang diketahui di busur vulkanik Tonga-Kermadec, struktur geologis yang membentang di sepanjang tepi barat lempeng Pasifik kerak bumi, menurut Program Vulkanisme Global Smithsonian.

Ketika Hunga meletus pada pertengahan Januari, gumpalan gas dan partikel yang dihasilkan menghantam mesosfer lapisan ketiga atmosfer di atas permukaan Bumi menjadikannya gumpalan vulkanik terbesar dalam catatan satelit. Jumlah energi yang dilepaskan dalam letusan sebanding dengan apa yang mungkin dihasilkan oleh 4 hingga 18 megaton ledakan TNT, atau lebih dari 100 bom skala Hiroshima yang meledak sekaligus.

Setelah letusan yang memecahkan rekor, Matoza dan tim yang terdiri lebih dari 70 ilmuwan dari 17 negara berangkat untuk mendokumentasikan gelombang atmosfer apa yang dihasilkan oleh ledakan tersebut. Untuk melakukannya, mereka mengambil data dari berbagai sistem pemantauan berbasis darat dan luar angkasa yang telah merekam letusan saat terjadi.

Tim menemukan bahwa, dari semua gelombang atmosfer yang dihasilkan oleh ledakan, yang disebut gelombang Lamb paling menonjol. Gelombang domba berjalan di sepanjang permukaan bumi dan mirip dengan gelombang suara karena menghasilkan getaran dalam medium yang dilaluinya. Namun, gelombang Lamb merambat pada frekuensi yang sangat rendah, "di mana efek gravitasi menjadi signifikan," kata Matoza.

Pada puncaknya, gelombang Lamb yang dihasilkan oleh letusan Hunga memiliki amplitudo 280 mil (450 km), yang berarti mereka menghantam ionosfer — lapisan padat partikel bermuatan listrik yang terletak sekitar 35 hingga 620 mil (60 hingga 1.000 km) di atas permukaan planet. Selama enam hari, gelombang-gelombang ini memancar keluar dari lokasi gunung berapi, mengitari Bumi empat kali dalam satu arah dan tiga kali dalam arah lainnya. Berdasarkan data historis, letusan Krakatau tahun 1883 menghasilkan gelombang Lamb yang mengitari Bumi dengan jumlah yang sama, para peneliti melaporkan.

Pengamatan gelombang Lamb tim sejalan dengan model sebelumnya dari peristiwa letusan Hunga yang dihasilkan oleh Nedjeljka agar, seorang profesor meteorologi teoretis di Universitas Hamburg, dan rekan-rekannya. 

Dalam studi Sains mereka sendiri, Kubota dan rekan-rekannya menghubungkan titik-titik antara gelombang Lamb ini dan tsunami tercepat yang diamati setelah letusan. Waktu terjadinya gelombang Lamb dan tsunami "pendahulu" tampaknya bertepatan, menurut mereka. Yang mengejutkan adalah bahwa gelombang pendahulu ini mendarat di darat lebih dari dua jam lebih awal dari yang diperkirakan untuk tsunami konvensional, yang sebagian besar didorong oleh deformasi tiba-tiba di dasar laut.

Letusan Hunga juga menghasilkan gelombang suara dan gelombang infrasonik yang sangat jauh - yang berarti gelombang akustik terlalu rendah frekuensinya untuk didengar oleh manusia, Matoza dan rekan-rekannya melaporkan. Gelombang Lamb yang menonjol memimpin rombongan, diikuti oleh gelombang infrasonik dan kemudian gelombang suara yang dapat didengar. Hebatnya, terdengar suara, terdiri dari pendek, berulang "boom," dilaporkan di seluruh Alaska, lebih dari 6.200 mil (10.000 km) dari letusan Hunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper