Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Fitur Kekinian yang Wajib Ada di Smartphone, Kamu Punya?

Ada lima fitur kekinian yang wajib dimiliki sebuah smartphone di era serba digital saat ini.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 13 April 2022  |  12:46 WIB
Pengunjung memegang smartphone yang menampilkan pasar online galeri di dekat NFT dan tandatangan litograf di  Gallery di London, Inggris, Rabu (22/9/2021). Bloomberg - Chris J. Ratcliffe
Pengunjung memegang smartphone yang menampilkan pasar online galeri di dekat NFT dan tandatangan litograf di Gallery di London, Inggris, Rabu (22/9/2021). Bloomberg - Chris J. Ratcliffe

Bisnis.com, JAKARTA – Di era serba digital saat ini, sedikitnya ada lima fitur kekinian yang wajib dimiliki sebuah smartphone mulai dari teknologi hingga kapasitas penyimpanan yang luas.

Menurut MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi, kelima fitur tersebut antara lain dukungan jaringan 5G, sertifikasi IP67, Corning Gorilla Glass, kamera berkualitas, serta RAM Plus untuk performa yang lebih optimal.

"Kelima fitur ini akan menemani generasi sekarang melangkah ke masa depan dengan gaya hidup yang semakin digital,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (13/4/2022).

Berdasarkan laporan terbaru dari Open Signal, kata Ricky, kecepatan 5G di Indonesia mampu menembus 4,5x dari kecepatan 4G yang sudah ada. Bahkan, laporan yang sama menunjukkan bahwa pengalaman menggunakan 5G saat streaming video, gaming, dan melakukan panggilan via aplikasi di Indonesia lebih baik ketimbang Jepang dan Filipina.

Menurutnya, manfaat 5G untuk kecepatan internet yang lebih baik pun telah dihadirkan oleh operator-operator seperti Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo Hutchison.

"Dengan cakupan 5G yang terus menyebar ke berbagai wilayah, menjadi penting bagi kamu untuk memiliki smartphone yang sudah mendukung konektivitas 5G," tutur Ricky.

Sementara itu, mengingat akhir-akhir ini hampir seluruh wilayah Tanah Air terus diguyur hujan, dia menilai penting untuk memiliki ponsel yang dibekali dengan sertifikasi IP67 yang membuat perangkat tahan terhadap air dan debu.

Tak berhenti di situ, smartphone kekinian juga dituntut memiliki kamera OIS (Optical Image Stabilization) yang memberikan resolusi foto dan video tinggi. Dengan fitur ini, hasil foto dan video akan lebih halus, tajam, dan stabil serta foto dan video bisa lebih cerah bahkan di kondisi yang minim cahaya sekalipun.

Ricky melanjutkan bagi pengguna smartphone yang ingin perangkatnya bisa bertahan dan digunakan untuk jangka waktu yang lama, sangat penting memilih perangkat dengan material yang kokoh agar bisa lebih tangguh dan digunakan dalam kondisi terbaiknya dengan waktu yang lebih lama.

"Misalnya dengan Gorilla Glass 5 supaya lebih tahan saat jatuh atau tergores. Gorilla Glass 5 mampu mencegah keretakan saat perangkat jatuh bahkan ketika terbentur ke permukaan yang keras dan kasar sekalipun serta meningkatkan ketahanan terhadap goresan," imbuhnya.

Adapun fitur berikutnya yang wajib dimiliki, sambung dia, adalah dukungan RAM Plus untuk performa yang lebih optimal di setiap aktivitas.

Ricky menyebut berbagai studi menunjukkan bahwa RAM jadi salah satu fitur yang paling dipertimbangkan konsumen untuk membeli ponsel pintar. Alasannya, konsumen butuh perangkat dengan performa baik untuk mendukung berbagai aktivitasnya, terlebih dengan adanya pandemi yang membuat berbagai kegiatan difokuskan di smartphone.

"RAM sendiri memang punya peran penting untuk memastikan kinerja tetap lancar dan tidak lag, baik saat pindah dari satu aplikasi ke lainnya, maupun saat gaming," tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone gadget teknologi 5G
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top