Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasang Iklan di Facebook Ads Lebih Murah? Ini Alasannya

Memasang iklang di Facebook dan Instagram Ads dinilai lebih murah dan efektif untuk meningkatkan awareness pengguna media sosial.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 07 April 2022  |  16:19 WIB
Tampilan aplikasi Facebook di smartphone - Bloomberg
Tampilan aplikasi Facebook di smartphone - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Penggunaan platform seperti Facebook dan Instagram Advertising dinilai sangat efektif untuk mengenalkan dan menawarkan produk yang akan dijual ke calon pembeli pada era media sosial ini.

Founder of Belajarlagi.id Faiz Ghifari mengatakan Facebook Ads sangat efektif untuk meningkatkan awareness pengguna media sosial, bahkan yang tidak dikenal sekalipun mengenai produk yang akan dijual.

"Beriklan di Facebook bisa diibaratkan kita sedang berjalan-jalan di mal. Ketika sedang keliling, kita dikasih brosur berisi iklan. Kalau menarik kita baca brosurnya, mungkin juga kita akan cek tokonya. Kalau tidak ya kita buang. Sama dengan Facebook. Sangat efektif untuk mendorong awareness dan mendorong pembelian impulsif," katanya dalam acara Pekan Milenial Naik Kelas yang diselenggarakan Bisnis Indonesia, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, beriklan di Facebook sangat mudah. Pengiklan bahkan tidak perlu memiliki konten atau jumlah pengikut yang banyak. Hanya dengan membayar Rp15.000-Rp16.000, pengiklan bisa langsung mencoba menjajakan produknya di platform tersebut.

Nantinya, sambung Faiz, Facebook yang mempunyai teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) akan mencari tahu di mana target yang paling sesuai untuk produk yang akan dijual.

"Dengan Rp15.000 kita bisa nayangin iklan maksimal 1.800 kali dan posibility click 18-51," tuturnya.

Faiz tidak menampik bila mempromosikan produk dengan Facebook Ads ini tidak bisa menjanjikan hasil atau keuntungan yang instan. Pasalnya, hasilnya akan bergantung pada bagaimana si penjual mengatur target pembeli, dan seberapa kreatif dia menawarkan produk tersebut.

Namun begitu, sambung dia, bila dibandingkan dengan platform iklan lainnya seperti Google atau YouTube, penggunaan Facebook Ads termasuk yang lebih cepat lantaran skemanya adalah mendorong iklan ke pengguna.

"Jadi nggak perlu nunggu dulu orang mencari-cari nama produk atau jenisnya, sehingga bisa relatif lebih cepat," imbuh Faiz.

Lebih lanjut dia menambahkan, hal pertama yang harus dilakukan bila ingin mempromosikan produk menggunakan Facebook Ads adalah meningkatkan dan memperbanyak jumlah orang yang sadar dengan produk yang dijual dibandingkan memaksa orang langsung membeli.

Sebab, semakin banyak orang yang sadar dan tahu dengan produk tersebut, akan semakin besar kemungkinan orang untuk membeli. Selain itu dia juga menyarankan bagi yang berminat menggunakan Facebook Ads untuk mempunyai Business Manager.

"Ini harus, dengan business manager kita bisa membuat dan mengatur berbagai aset seperti Facebook page, Instagram account, product catalogue. Kemudian juga bisa mengatur user access & permissions, dan membuat dan mengatur iklan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

facebook instagram
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top