Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sambut Ramadhan, Tokopedia Siapkan Beberapa Program Dukung Kenaikan Transaksi Daring.

Tokopedia akan menyediakan sejumlah program untuk mendukung kenaikan transaksi selama Ramadhan, di antaranya melakukan campaign dengan penawaran diskon maupun cashback.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  22:23 WIB
Pelaku UMKM memanfaatkan marketplace Tokopedia untuk menjual produknya. Digitalisasi UMKM menjadi faktor penting untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19 - Bisnis/Dinda Wulandari
Pelaku UMKM memanfaatkan marketplace Tokopedia untuk menjual produknya. Digitalisasi UMKM menjadi faktor penting untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19 - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, JAKARTA - Platform e-commerce Tokopedia berupaya merupkan beberapa program khusus Ramadhan untuk mendukung kenaikan transaksi selama bulan tersebut.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menyebut, menjelang Ramadan 2022, kategori makanan dan minuman, kecantikan, fesyen, perawatan diri, ibu dan anak serta fesyen anak menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia.

"Selain itu, kami melihat penjualan hampers juga meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hampers makanan menjadi yang paling populer sejauh ini," ujarnya, Selasa (29/3/2022).

Ekhel mengatakan, perusahaan akan menyediakan sejumlah program untuk mendukung kenaikan transaksi selama Ramadhan.

Misalnya dengan menyediakan berbagai macam kampanye salah satunya Sambut Bulan Puasa yang menawarkan diskon maupun cashback. Ada juga Modest on Trend yang menghadirkan kurasi produk lokal dari para pegiat UMKM fesyen muslim.

Menurut Ekhel, salah satu tantangan yang berusaha Tokopedia jawab adalah mempersiapkan penjual menghadapi Ramadan. Menjawab itu, perusahaan menyediakan berbagai materi edukasi untuk mempersiapkan bisnis dengan lebih baik dan matang saat Ramadan.

Selain itu, Tokopedia juga menghadirkan layanan pemenuhan pesanan (fulfillment), Dilayani Tokopedia, yang memungkinkan penjual menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah dengan permintaan tinggi saat Ramadhan.

Layanan tersebut diklaim mampu membantu penjual dari segi operasional bisnis, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan hingga penanganan jika ada kendala transaksi, khususnya saat terjadi lonjakan transaksi di Ramadhan mendatang.

"Saat ini, sudah ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100 persen merupakan UMKM lokal. Kami pun melihat antusiasme masyarakat dalam mendukung produk UMKM lokal terus meningkat, khususnya menjelang Ramadan," ujar Ekhel.

Sementara itu, survei Populix tentang Tren Belanja Online Saat Ramadan dan Jelang Lebaran (Ramadhan, April 2021) menyebut, 93 persen responden belanja saat Ramadhan dan untuk kebutuhan lebaran secara online.

Aplikasi e-commerce yang paling sering digunakan untuk belanja online adalah Shopee 90 persen, Tokopedia 41 persen, dan Lazada 30 persen.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

e-commerce Ramadan tokopedia
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top