Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Trafik Bakal Naik saat Lebaran, Ini Langkah Antisipasi Smartfren

Smartfren memprediksi adanya peningkatan penggunaan layanan sebesar 14,5 persen saat lebaran. 
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 22 Maret 2022  |  12:31 WIB
Trafik Bakal Naik saat Lebaran, Ini Langkah Antisipasi Smartfren
Posko Ramadan PT Smartfren Telecom Tbk. - dok. Smartfren

Bisnis.com, JAKARTA – Smartfren melakukan sejumlah upaya antisipasi terhadap potensi lonjakan trafik internet saat Ramadan dan Lebaran 2022. Secara nasional, perusahaan memprediksi adanya peningkatan penggunaan layanan sebesar 14,5 persen. 

"Smartfren telah menyelesaikan perluasan dan optimasi jaringan di seluruh wilayah operasionalnya. Inisiatif ini diselenggarakan demi memastikan pelanggan selalu mendapatkan kualitas jaringan terbaik setiap saat, baik di hari biasa maupun ketika memasuki bulan Ramadan 1443 H," kata VP of Network Operations Smartfren Agus Rohmat, Selasa (22/3/2022).

Agus menyebut saat ini optimasi jaringan secara nasional telah selesai 100 persen dan perluasan jaringan juga telah berhasil meningkatkan cakupan nasional Smartfren hingga 2,4 persen. 

Dia mengaku Smartfren akan secara rutin melakukan peningkatan jangkauan dan optimasi jaringan sepanjang 2022. Secara nasional, kedua kegiatan ini akan difokuskan untuk kualitas layanan Smartfren di daerah-daerah pemukiman dan berbagai wilayah sekitarnya. 

"Hal ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan layanan internet di masyarakat guna mendukung berbagai kegiatan digital, seperti streaming video, musik dan film, atau menjelajah media sosial. Selain itu, kegiatan ini sekaligus sebagai antisipasi terhadap potensi lonjakan trafik internet di bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1443H yang diprediksi meningkat hingga 14,5 persen secara nasional," sebutnya.

Adapun dia memerinci, Smartfren secara rutin melakukan optimasi dan peningkatan coverage di berbagai wilayah operasional seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Kalimantan dan Sulawesi.

Agus berharap, dengan meningkatnya kualitas jaringan dan semakin luas jangkauan, maka makin banyak pelanggan yang bisa menikmati layanan internet dari Smartfren yang telah 100 persen 4G.

"Smartfren juga menerapkan teknologi jaringan dengan desain full redundant dan memiliki teknologi automatic switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat," imbuhnya.

Dia menambahkan, teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam. 

Kombinasi jaringan Smartfren yang semakin luas dengan teknologi serta jaminan quality of service tersebut diklaim Agus telah berhasil meningkatkan pengalaman internet yang dirasakan pelanggan. 

"Peningkatan pengalaman tersebut dapat dirasakan antara lain ketika pelanggan bermain game online, ketika mengakses layanan streaming video, film dan musik, serta ketika mengunduh dan mengunggah file," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet smartfren idul fitri operator seluler
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top