Telkom Leap Dinilai Jadi Solusi Tantangan Transformasi Digital Indonesia

Rahmi Yati
Kamis, 10 Maret 2022 | 00:41 WIB
Ilustrasi transformasi digital/Flickr
Ilustrasi transformasi digital/Flickr
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Leap, umbrella brand untuk produk dan layanan digital yang baru diluncurkan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), dinilai mampu menjadi solusi dari tantangan transformasi digital di Tanah Air.

Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ITB Ian Yosef M. Edward mengatakan tantangan transformasi digital Indonesia adalah geografis atau alam, infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM), daya beli dan manfaat yang akan dirasakan secara langsung, termasuk ekosistem.

Menurutnya, industri telekomunikasi tentu memiliki kewajiban untuk mendorong kedaulatan digital di Indonesia baik dari penyediaan infrastruktur, operation & maintenance, edukasi masyarakat, keuntungan bagi masyarakat dan lainnya.

"Dengan begitu, manfaatnya akan terasa di masyarakat yang secara langsung juga industri telekomunikasi akan semakin maju," kata Ian, Rabu (9/3/2022).

Dia menyebut, hadirnya Leap ini sesuai dengan program pemerintah yakni sebagai solusi digital yang akan membuat laju pertumbuhan ekonomi ataupun manusia Indonesia meningkat tinggi. Tentunya, dengan tetap mensosialisasikan pemanfaatan digital yang bijak.

Lebih lanjut Ian berharap operator lainnya juga memiliki suatu program yang akan mengakselerasi ekosistem digital Indonesia dengan mengedapankan keunggulan masing-masing dan program yang akan saling melengkapi.

"Tentu saat ini pun operator lain sudah bergerak searah untuk hal tersebut," tutupnya.

Sebagai informasi, Telkom baru saja meluncurkan Leap, umbrella brand untuk produk dan layanan digital. Dengan merek ini, perusahaan berusaha mendorong terwujudnya akselerasi ekosistem digital di Tanah Air.

Terdapat sejumlah produk yang ada di Leap, mulai dari agriculture, UMKM, hingga big data. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

Leap akan mengakselerasi ekosistem digital Indonesia melalui kolaborasi dengan pemerintah, local champion, dan perusahaan raksasa teknologi global. Ini baru langkah awal, ke depan, tidak menutup kemungkinan akan muncul inovasi lain dari Telkom di bidang-bidang yang belum ada.

Hadirnya Leap juga diharapkan mampu mendorong sejumlah produk digital unggulan Telkom menjadi centaur hingga ke level unicorn ke depannya. Sejauh ini, sejumlah produk yang ada di Leap merupakan inovasi yang menjadi solusi dari kebutuhan masyarakat dan diseleksi secara internal.

Adapun beberapa produk-produk digital unggulan persembahan Telkom antara lain PaDi UMKM, BigBox, MySooltan, Agree, Logee, Pijar dan produk digital lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper