Vladimir Putin Jadi Presiden Paling Dibahas di Media Daring

Akbar Evandio
Sabtu, 5 Maret 2022 | 17:59 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021./Antara-Reutersrn
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021./Antara-Reutersrn
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi figur yang paling banyak dimintai keterangan oleh media di tingkat internasonal terkait dengan konflik yang terjadi antara Rusia—Ukraina.

Berdasarkan data yang dirilis indonesia.indicator, salah satu pernyataannya yang banyak mendapat berita, yaitu terkait dengan ancaman dirinya atas Negara lain agar tidak ikut campur dengan invasi Rusia ke Ukraina.

Alhasil Vladimir Putin mendapatkan 9.098 pembahasan berita daring, disusul Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dengan 5.683 berita, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky 3.729, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken 1.615, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson 1.363 berita daring.

Riset Indonesia Indicator mencatatkan ada 18.175 berita daring yang mengulas mengenai ketegangan konflik antara Rusia--Ukraina dalam kurun 12 Februari 2021—25 Februari 2022.

Perkembangan ulasan berita mengenaik konflik antara kedua Negara tersebut kian berkembang, di mana pada Sabtu, 12 Februari 2022 tercatat ada 365 berita daring yang terunggah di Media. Adapun, puncak ulasan terjadi saat pecahnya perang Rusia—Ukraina pada Kamis, 24 Februari 2022 pada waktu setempat menghasilkan 5.391 berita daring.

Secara rinci, isu utama media daring lebih banyak memberitakan invasi Rusia ke Ukraina dengan total 6.142 berita, Sanksi terhadap Rusia 3.092 berita, dampak ekonomi sebanyak 2.768 berita, kerusakan dan korban tewas 2.440 berita, dan Evakuasi warda sipil dan WNI sebanyak 1.274 berita.

Sementara untuk Media di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi tokoh nasional yang banyak diberitakan media di Indonesia, salah satunya terkait dengan desakan agar perang yang terjadi di Ukraina segera dihentikan.

Untuk diketahui, Jokowi mencatatkan 1.087 berita daring mengenai pembahasan dirinya untuk menghentikan perang antara Rusia—Ukraina, Disusul oleh Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha sebanyak 973.

Selanjutnya, Analisis Keuangan Ariston Tjendra meraih 697 berita, Guru Besar Hukum Internasional UI 562, dan Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira.

Sementara itu, terdapat 762 portal media daring dalam negeri yang memberitakan tentang konflik Rusia dan Ukraina, di mana Bisnis Indonesia telah memberitakan 297 berita daring mengenai kedua Negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper