Simak Jurus XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan Data pada 2022

Rahmi Yati
Kamis, 24 Februari 2022 | 16:40 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan untuk mengimbangi trafik penggunaan data yang terus meningkat oleh pelanggan dari tahun ke tahun. 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengaku dalam rangka memastikan kebutuhan jaringan berkualitas terpenuhi pada 2022, manajemen telah menetapkan fokus pembangunan jaringan yaitu meningkatkan kapasitas dan efisiensi guna menghadirkan customer experience yang lebih baik. 

"Sejumlah inisiatif telah mulai diimplementasikan sejak awal tahun ini untuk merealisasikan tujuan tersebut karena menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik menjadi prioritas utama kami," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (24/2/2022).

Gede percaya dengan kualitas jaringan yang terus ditingkatkan, maka pelanggan semakin nyaman dan setia dalam menggunakan layanan-layanan yang disediakan.

Terlebih, sambung dia, setiap tahun kebutuhan konektivitas data terus meningkat. Hal tersebut didorong oleh terus bertambahnya pengguna layanan internet. 

"Data menunjukkan, 73,7 persen dari populasi Indonesia saat ini telah mengakses internet, dengan waktu berselancar rata-rata mencapai 9 jam per hari. Sebanyak 61,8 persen populasi juga aktif menggunakan media sosial, dengan waktu akses rata-rata sekitar 7,5 jam per hari," ucapnya.

Dengan begitu Gede menyebut manajemen telah melakukan sejumlah inisiatif yang mencakup beberapa aspek. Pertama, peningkatan customer experience lewat penerapan intelligence and automation guna meningkatkan kemampuan jaringan, yang meliputi otomatisasi pada konfigurasi jaringan, optimasi, self-diagnostic, serta pemulihan jaringan. 

Selain itu, sambung dia, XL Axiata juga sudah mengimplementasi automated optimization untuk VoLTE services, serta value-based planning tools yang melibatkan beberapa aspek strategis bisnis dalam perencanaan jaringan.

"Dengan penerapan intelligence and automation ini, XL Axiata dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi jaringan secara lebih cepat. Intelligence and automation ini diaplikasikan pada proses perencanaan hingga pengoperasian jaringan," terang Gede.

Selanjutnya aspek kedua, imbuhnya, adalah memberikan pengalaman layanan digital yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti penyediaan layanan yang terintegrasi untuk mobile consumer dan home serta penyediaan kapasitas jaringan yang sesuai dengan kebutuhan tiap area.

Untuk aspek ketiga, XL Axiata menyediakan reliable service experience atau pengalaman layanan yang lebih andal. Pada aspek ini, manajemen menargetkan 100 persen availability dengan menambah 12.000 BTS LTE900 yang menjangkau 343 kota, serta menambah 100 BTS 5G di 3 kota. 

Selain itu, tambah Gede, XL Axiata juga menambah 2 lokasi core, 6.000 site fiberisasi dan 20.000 km tambahan fiber untuk menjamin realtime high-performance, lag-free experience bagi pelanggan.

"Pada tahun 2022 ini, XL Axiata juga akan terus menyiapkan infrastruktur jaringan guna menunjang layanan 5G. Salah satu milestone terpenting dan utama adalah memastikan ketersediaan spektrum dan perangkat," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper