Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wireless Broadband Makin Diminati, Harga Modem Harus Terjangkau

ICT Institute menilai bisnis wireless broadband makin diminati, tetapi harga modem harus terjangkau untuk menarik minat pelanggan.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  10:28 WIB
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G - freepik
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G - freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Keberadaan perangkat penyedia layanan internet yang mendukung wireless broadband dinilai terus diminati masyarakat terutama di era pandemi. Dengan begitu, harga perangkat seperti modem diharapkan dapat lebih mudah dan bersaing di pasaran.

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menilai peta persaingan dari bisnis wireless broadband ini cukup ketat. Terlebih, arah dari bisnis ini terutama 5G juga akan menjadi fixed wireless ke depannya.

"Sekarang juga mengarah untuk masuk ke rumah menjadi pesaing fiber to the home [FTTH]. Namun, persoalan perangkat modem dan tarif masih menjadi isu untuk bisa mengambil pasar FTTH," kata Heru, Kamis (24/2/2022).

Dia menyebut persoalannya saat ini adalah harga modem harus terjangkau. Sebab bila ingin bersaing, menggunakan modem wireless harus lebih murah dibanding biaya yang ditanggung saat akses FTTH.

Bukan itu saja, menurutnya penggunaan wireless broadband ini juga menjadi peluang besar karena lebih mudah dimanfaatkan. Pengguna tinggal memasang modem karena berbasis frekuensi.

"Namun untuk bisa digunakan harus ada base transceiver station [BTS] yang cukup stabil dan kapasitas serta kecepatan besar, dekat perumahan atau perkantoran minimal 4G," imbuhnya.

Sebelumnya, sebagai salah satu penyedia solusi layanan internet rumah serba digital yang mendukung wireless broadband, Telkomsel Orbit yang diluncurkan pada Juli 2020 mencatatkan peningkatan jumlah pengguna yang cukup signifikan hingga 10 kali lipat sepanjang 2021.

Head of Home LTE Project Telkomsel Arief Pradetya mengatakan Telkomsel Orbit terus menghadirkan pengalaman digital bernilai tambah bagi seluruh lapisan masyarakat selama beraktivitas di rumah, terutama mendukung adaptasi kebiasaan baru selama pandemi Covid-19 yang masih berjalan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wireless broadband
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top