Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
CEO Amazon Jeff Bezos semakin kaya saat pandemi virus Corona (Covid-19). - Intheblack
Lihat Foto
Premium

Alasan Bos Amazon hingga Alibaba Pilih Injeksi Startup Lokal Indonesia

Sejumlah pemain besar sektor teknologi global seperti bos Amazon, Jeff Bezos dan Alibaba tampak makin agresif untuk menginjeksikan dananya ke startup lokal di Indonesia.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
18 Februari 2022 | 14:16 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Hasrat dan manuver para pemain besar sektor teknologi global untuk masuk ke Indonesia rupanya masih belum surut. Strategi yang dipilih pun cenderung seragam, yakni menginjeksi startup yang lebih dulu eksis di Indonesia.

Terbaru, Jeff Bezos, miliarder dunia sekaligus pendiri e-commerce raksasa Amazon telah memperluas pengaruhnya di Indonesia melalui investasi di startup lokal.  Langkah tersebut memungkinkan Bezos menyusul dominasi Grup Alibaba di industri startup Indonesia.

Jeff Bezos baru saja melakukan investasi di ekosistem startup lokal Indonesia, yakni Lummo, perusahaan rintisan penyedia solusi layanan perangkat lunak penghubung bisnis dengan pelanggan (Direct to Consumer D2C, software-as-a-service - SaaS) untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

Dalam investasinya ke Lummo, Jeff Bezos melakukannya melalui kantor pengelolaan aset pribadinya yakni Bezos Expedition. Dalam hal ini, Bezos Expedition mengikuti putaran investasi Seri C terbaru senilai US$80 juta di Lummo yang dipimpin oleh Tiger Global dan Sequoia Capital India.

Ikutnya Bezos dalam seri pendanaan ini bertujuan untuk memperkuat ambisi Lummo untuk mempercepat pertumbuhan bisnis pengusaha dan pemilik merek di Indonesia dan seluruh Asia Tenggara.

CEO dan pendiri Lummo Krishnan Menon menyebut investasi tersebut diklaim makin memperkuatupaya Lummo untuk mengembangkan solusi D2C demi memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada para pemilik usaha di Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top