Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Operator Seluler Tambah Kapasitas Jelang MotoGP Mandalika 2022

Operator seluler mulai menambah kapasitas jaringan jelang MotoGP Mandalika 2022.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 26 Januari 2022  |  08:17 WIB
Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3 - 2020).
Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggara telekomunikasi menambah kapasitas yang dimiliki untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas data selama perhelatan MotoGP Mandalika 2022. Diperkirakan sekitar 100.000 orang akan datang untuk menyaksikan MotoGP 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu.

Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi mengatakan persiapan infrastruktur oleh operator saat ini dalam tahap peningkatan kualitas dan kapasitas jaringan mulai dari jaringan tulang punggung, kapasitas sentral, middle mile hingga last mile dengan beragam jenis teknologi.

“Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada area sirkuit, operator seluler akan mengupayakan penambahan kapasitas melalui pengerahan armada Mobile Base Transceiver Station [BTS]” kata Dedy, Rabu (26/1/2022).

Dia menambahkan untuk Telkomsel, persiapan infrastruktur telekomunikasi di Mandalika sudah sekitar 40 persen, sementara XL Axiata, saat ini tengah melakukan optimalisasi kapasitas jaringan dan jangkauan coverage 4G LTE existing di area sekitar Sirkuit Mandalika.

Dari sisi keandalan jaringan, kata Dedy, untuk mencegah terjadinya kegagalan sistem jaringan, para operator seluler telah menerapkan teknik mitigasi melalui konfigurasi dual homing sentral dan fully redundant fiber optic (FO), baik pada jaringan FO terestrial maupun SKKL Bali-Lombok.

Optimasi jaringan seluler tengah dilakukan secara end-to-end mulai dari jaringan radio, transport, sampai dengan jaringan inti (core network), termasuk dengan memastikan ketersediaan sistem cadangan.

“Dukungan jaringan backbone pada sirkuit Mandalika dan sekitarnya telah memiliki redundancy dan operator seluler masih terus mempersiapkan titik-titik distribusi di sekitar area venue,” kata Dedy.

Para operator seluler juga akan menggelar jaringan 4G di Mandalika secara multi frekuensi, dengan spektrum frekuensi di antaranya 2300 MHz, 2100 MHz, 1800 MHz, 900 MHz, dan 800 MHz.

Sebelumnya, Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan jaringan 4G LTE XL Axiata saat ini sudah menjangkau dan melayani pelanggan di sirkuit Mandalika.

Perseroan fokus meningkatkan kapasitas menjelang perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika, untuk mengantisipasi potensi lonjakan trafik saat acara tersebut digelar.

"Kami sedang berada dalam tahap optimalisasi lebih lanjut, baik dari sisi kapasitas jaringan maupun jangkauan," kata Ayu.

Peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Mandalika. XL Axiata juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Lombok.

Sementara itu, selain mempersiapkan infrastruktur telekomunikasi yang dimiliki, Indosat Ooredoo Hutchison akan fokus dalam meningkatkan sumber daya manusia di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika yang tinggal 2 bulan lagi diharapkan memberi manfaat lebih kepada masyarakat lokal dan membangkitkan kembali perekonomian daerah.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan perseroan akan mendorong pemberdayaan warga lokal agar bisa memaksimalkan manfaat dari penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Indosat akan memberikan pelatihan digital dan entrepreneurship kepada UMKM untuk meningkatkan kapasitas mereka.

"Tujuannya untuk membangkitkan kembali perekonomian daerah," kata Steve.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MotoGP operator seluler
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top