Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kota Cerdas di IKN Nusantara, Menkominfo Siapkan Infrastruktur Telekomunikasi

Menkominfo melakukan persiapan pembangunan infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung Kota Cerdas di IKN Nusantara.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  16:58 WIB
Pradesain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta  -  Twitter
Pradesain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan persiapan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kemenkominfo tengah melakukan pemetaan kapasitas jaringan tulang punggung (backbone) untuk mendukung kehadiran Kota Cerdas di IKN baru.

Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi mengatakan menindaklanjuti Pengesahan UU IKN baru sebagai kota yang cerdas dan kompetitif di tingkat global, Kemenkominfo siap melakukan pembangunan infrastruktur layanan telekomunikasi untuk mendukung konektivitas dan implementasi sistem Kota Cerdas di IKN Baru.

“Kemenkominfo tengah melaksanakan pemetaan kebutuhan kapasitas jaringan backbone maupun jaringan akses/last mile di IKN Baru,” kata Dedy dalam siaran pers, Kamis (20/1/2022).

Dalam pemetaan tersebut, lanjut Dedy, Kemenkominfo menghitung kebutuhan infrastruktur penunjang perangkat aktif dan perangkat pasif untuk implementasi layanan internet tetap dan internet bergerak.

Kemenkominfo, lanjut Dedy, telah menyelesaikan desain infrastruktur jaringan telekomunikasi di IKN baru berdasarkan masterplan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), sesuai hasil koordinasi antara Kemenkominfo dengan pihak terkait.

Rencananya layanan telekomunikasi teknologi 5G akan hadir mendukung layanan publik dan penerapan Kota Cerdas di IKN Baru.

“Pemanfaatan teknologi 5G pada IKN baru diharapkan mampu mengatasi kendala sistem Smart City berupa latensi,” kata Dedy.

Sekadar informasi, untuk menghadirkan kota cerdas dibutuhkan jaringan internet dengan latensi rendah untuk misi-misi kritis. Teknologi 5G adalah satu-satunya teknologi saat ini yang dapat menghadirkan layanan dengan latensi rendah, bahkan mencapai 1 milidetik.

Selain itu, kata Dedy, Kemenkominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) juga akan membangun Palapa Ring integrasi pada 2022-2024 untuk menunjang konektivitas internet di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di IKN baru.

Palapa Ring Integrasi akan menghubungkan jalur existing Palapa Ring tengah ke titik IKN baru melalui jalur kota Balikpapan.

“Rencana proyek kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) untuk Palapa Ring integrasi telah berlanjut ke tahap rencana skema pembiayaan,” kata Dedy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkominfo nusantara IKN
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top