Rekomendasi 10 Ponsel dengan Kamera Terbaik 2022

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 5 Januari 2022 | 14:16 WIB
Samsung Galaxy S21 dengan kamera terbaik/The Verge
Samsung Galaxy S21 dengan kamera terbaik/The Verge
Bagikan

1Ini jajaran ponsel dengan kamera terbaik pada 2022

6. Huawei P40 Pro

Rekomendasi 10 Ponsel dengan Kamera Terbaik 2022

Smartphone ini dibekali sistem pencitraan merek Leica P40 Pro dipelopori oleh sensor 50MP baru, yang menggunakan formasi subpiksel RYYB (merah kuning kuning biru). Huawei mengklaim ini membuat kameranya lebih mampu menangani adegan gelap seperti seorang juara.

Lensa kamera utama merupakan aperture f/1.9 yang cukup standar di atas kertas, tetapi dengan ukuran sensor yang sangat besar (untuk smartphone) dan OIS. Fitur ini dikombinasikan dengan stabilisasi gambar elektronik Huawei yang hebat, lensa ini masih merupakan bintang ketika bertemu kondisi low light.

Ponsel ini dapat melihat dalam gelap, bahkan dalam mode otomatis. Sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh ponsel non-Huawei lainnya.

7. Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Rekomendasi 10 Ponsel dengan Kamera Terbaik 2022

Samsung Galaxy Note 20 Ultra tak hanya memiliki kamera berspesifikasi tinggi, tetapi fitur telefoto yang benar-benar menonjol. Kameranya dibekali 12MP f/3.0 dengan zoom optik 5x dan zoom digital 50x.

Kedua spesifikasi tersebut sangat mengesankan. Sementara S20 Ultra menawarkan zoom digital 100x, itu sedikit lebih dari sekadar gimmick. Samsung Galaxy Note 20 Ultra sebenarnya lebih baik berkat aperture yang lebih lebar dan piksel yang lebih besar.

Sementara kamera telefoto menjadi sorotan, kamera utama 108MP f/1.8 Samsung Galaxy Note 20 Ultra dan kamera ultra lebar 12MP f/2.2 juga berkinerja baik dalam pengujian kami.

Ada juga kamera ultra lebar 40MP f/1.8, kamera telefoto 12MP yang mampu melakukan 5x optical zoom atau 50x digital zoom, dan sensor time-of-flight (ToF) untuk menciptakan efek bokeh.

8. iPhone 13

Rekomendasi 10 Ponsel dengan Kamera Terbaik 2022

iPhone 13 hanya memiliki dua kamera belakang, kamera utama 12MP f/1.6 dan ultra-lebar 12MP f/2.4 (dengan bidang pandang 120 derajat). Namun, keduanya berkinerja baik, dan merupakan peningkatan pada cukup besar dibandingkan iPhone 12.

Untuk satu hal, Anda mendapatkan piksel 1,7µm yang lebih besar pada kamera utama. Hal ini membuat perbedaan nyata pada kualitas gambar. Ada juga sensor shift OIS, yang melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menstabilkan gambar sehingga menghasilkan gambar yang tajam bahkan saat ponsel tidak dipegang dengan sempurna.

Secara umum, gambar yang dihasilkan iPhone 13 juga memiliki lebih sedikit noise daripada yang diambil dengan iPhone 12. Namun, mode Sinematik baru cukup menyenangkan karena dapat menambahkan efek bokeh dan dengan cerdas menggeser fokus di antara subjek.

9. Samsung Galaxy S21 dan S21 Plus

Rekomendasi 10 Ponsel dengan Kamera Terbaik 2022

Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus memiliki konfigurasi kamera yang berbeda dengan S21 Ultra, sehingga peringkat ponsel ini lebih rendah dalam daftar ponsel kamera terbaik. Namun, ini masih merupakan pengaturan yang sangat mengesankan di setiap handset.

Ada kamera utama 12MP f/1.8, kamera ultra lebar 12MP f/2.2, dan telefoto 64MP f/2.0, membuat pengaturan yang pada dasarnya sama dengan Samsung Galaxy S20.

Peningkatan perangkat lunak mencakup hal-hal seperti mode baru untuk Single Take. Mode ini memungkinkan ponsel mengambil berbagai foto dan video menggunakan ketiga kamera dengan menekan satu tombol, dan sekarang termasuk opsi slow-mo.

10. iPhone 12 Pro

Rekomendasi 10 Ponsel dengan Kamera Terbaik 2022

Sekilas kamera di iPhone 12 Pro terlihat hampir sama dengan yang ada di iPhone 12 Pro Max. Keduanya memang tidak jauh berbeda, namun iPhone 12 Pro Max memang memiliki keunggulan berkat sensor yang lebih besar.

iPhone 12 Pro hampir menyamai saudaranya tersebut, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau. Ponsel ini memiliki fitur kamera 12MP f/1.6 dengan OIS, kamera telefoto 12MP f/2.0 dengan OIS dan zoom optik 2x, dan kamera ultra lebar 12MP f/2.4.

Seperti saudaranya yang lebih besar, iPhone 12 Pro juga memiliki pemindai LiDAR, yang dapat digunakan untuk memberi daya pada pengalaman augmented reality dan mengambil bidikan potret Mode Malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper