Mengenal Gim AAA, Fokus Bisnis Telkomsel Ekosistem Digital

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 3 Januari 2022 | 09:19 WIB
Logo Telkomsel./Istimewa
Logo Telkomsel./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gebrakan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) untuk merambah ke industri gim patut ditunggu. Demi merealisasikan ini, Telkomsel bersama PT Telkomsel Mitra Inovasi membentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital (TED). 

Perusahaan baru tersebut akan fokus dalam mengembangkan sejumlah layanan digital, salah satunya video games

Dalam keterbukaan informasi, manajemen PT Telkom Indonesia Tbk., yang merupakan induk dari Telkomsel, menyampaikan pendirian Telkomsel Ekosistem Digital memiliki tujuan untuk fokus dalam pengembangan game

Telkom, melalui Telkomsel dan TMI, ingin memperkuat kompetensi dan kapabilitas di vertikal bisnis game, khususnya Game AAA (triple A). Lantas, apa itu gim AAA?

Dilansir dari berbagai sumber, gim AAA adalah sebuah game yang diproduksi dan didistribusikan dengan nilai tinggi. 

Beberapa sumber menyebut nilai pengembangan gim AAA bisa mencapai di atas US$50 juta. Bujet yang tinggi tersebut dikeluarkan oleh pengembang gim agar bisa menghasilkan gim dengan grafis yang mumpuni, kualitas permainan yang baik dan penjualan yang laris, sehingga mendapat nilai A di seluruh kategori itu. 

Beberapa contoh gim AAA yang dikeluarkan pada 2021 antara lain Forza Horizon 5, Far Cry 6, GTA The Trilogy,  Resident Evil Village, dan lain sebagainya. 

Adapun beberapa perusahaan besar yang biasa mengeluarkan gim AAA antara lain Square Enix, Electronic Arts dan Rockstar Games.

Gim AAA awalnya ditemui di konsol gaming seperti Playstation, X-BOX dan lain sebagainya. Seiring dengan berjalannya waktu, gim AAA mulai masuk ke pasar mobile. Gim AAA makin berkembang karena gamers menuntut kualitas gim yang makin mumpuni dari sisi grafis hingga permainan. 

Telkomsel sendiri mengalihkan kontrak patungan kepada Telkomsel Ekosistem Digital dengan proyeksi senilai Rp285 miliar (US$20 juta). Adapun Rp156,7 miliar (US$11 juta) dari jumlah tersebut adalah porsi kepemilikan Telkomsel Ekosistem Digital. 

Selain fokus di gim, kabarnya layanan digital Telkomsel seperti Kuncie dan Fita akan dikembangkan juga oleh Telkomsel Ekosistem Digital. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper