MotoGP Mandalika 2022, Kominfo Siapkan Spektrum Frekuensi Tambahan

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 27 Desember 2021 | 17:48 WIB
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menyiapkan spektrum frekuensi tambahan untuk menyukseskan kegiatan MotoGP Mandalika 2022.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan pemerintah akan menyiapkan infrastruktur telekomunikasi yang lebih memadai di Mandalika, termasuk spektrum frekuensi.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga layanan telekomunikasi agar tetap prima selama MotoGP 2022 di Mandalika digelar. MotoGP 2022 rencananya dihadiri lebih dari 900 pembalap dan official yang berasal dari berbagai negara.

Keandalan layanan telekomunikasi menjadi keharusan dikancah internasional itu, karena pada saat bersamaan ratusan orang akan mengakses data yang berpotensi lonjakan lalu lintas data dibandingkan dengan hari biasa.

"Diharapkan dengan penambahan spektrum frekuensi penyelenggaraan pertandingan dan kompetisi MotoGP Mandalika 2022 akan bisa berlangsung dengan baik," kata Johnny dalam siaran pers, Senin (27/12/2021).

Selain spektrum frekuensi, kata Johnny, Kemenkominfo juga telah menyediakan dukungan infrastruktur digital melalui jaringan tulang punggung telekomunikasi.

Jaringan backbone berbasis serat optik digunakan sebagai transmisi data dari Mandalika ke berbagai daerah di Indonesia dan dunia.

Kemenkominfo juga akan mendiskusikan dengan operator seluler untuk penyediaan bandwidth dan Base Transceiver Station (BTS) agar layanan telekomunikasi makin baik di sana.

“Di sana kebetulan ada dua operator yang besar yang beroperasi di Mandalika yaitu Telkomsel dan XL,” ujarnya.

Johnny berharap penggelaran MotoGP di Mandalika akan memberikan efek berganda bagi ekonomi Indonesia, khususnya masyarakat di sekitar sirkuit Mandalika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper