Bos Telkom (TLKM) Mau Bikin Anak Usaha Baru, Ini Penjelasannya

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 27 Desember 2021 | 16:46 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) berencana membentuk anak perusahaan yang fokus dalam pengembangan layanan digital.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan anak perusahaan tersebut rencananya akan berada di bawah naungan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Ririek belum dapat bercerita lebih lanjut mengenai anak usaha tersebut.

“Terkait anak perusahaan yang fokus dalam pengembangan layanan akan dimulai dengan pembentukan anak usaha di bawah Telkomsel,” kata Ririek, Senin (27/12/2021).

Sekadar informasi, pada kuartal III/2021, pendapatan layanan digital Telkomsel tumbuh 18,6 persen secara tahunan menjadi Rp7,36 triliun.

Layanan digital menjadi pendorong utama transformasi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital dengan inisiatif untuk mengoptimalkan dan mempercepat adopsi melalui produk dan layanan di segmen digital.

Adapun beberapa produk dan layanan di segmen digital antara lain Gaya Hidup Digital, Periklanan Digital, Digital Solusi Perusahaan & bisnis IoT.

Seandainya perusahaan baru sudah terbentuk, diperkirakan produk-produk yang tergabung dalam layanan digital seperti MAXstream, Kuncie, dan lain sebagainya, akan dikelola oleh satu perusahaan khusus.

Adapun secara umum, bisnis digital menjadi mesin pertumbuhan Telkomsel pada kuartal III/2021. Telkomsel membukukan pendapatan senilai Rp50,5 triliun, atau naik 6 persen secara tahunan untuk bisnis digital. Layanan digital merupakan bagian dari bisnis digital.

Kontribusi bisnis digital terhadap total pendapatan Telkomsel meningkat dari 73,2 persen pada kuartal III/2020 menjadi 77,5 persen pada kuartal III/2021.

Pendapatan dari layanan Data tumbuh sebesar 4,1 persen secara tahunan menjadi Rp43,14 triliun dengan 120,9 juta Pengguna Data, naik 3 persen dibandingkan dengan kuartal III/2020, telah menggunakan jaringan Telkomsel. Adapun secara total, pendapatan yang dibukukan Telkomsel pada kuartal III/2021 mencapai Rp65,14 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper