Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos Telkom (TLKM) Mau Bikin Anak Usaha Baru, Ini Penjelasannya

Telkom Indonesia berencana membuat anak usaha baru yang fokus dalam pengembangan layanan digital.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 27 Desember 2021  |  16:46 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. - tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. - tlt.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) berencana membentuk anak perusahaan yang fokus dalam pengembangan layanan digital.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan anak perusahaan tersebut rencananya akan berada di bawah naungan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Ririek belum dapat bercerita lebih lanjut mengenai anak usaha tersebut.

“Terkait anak perusahaan yang fokus dalam pengembangan layanan akan dimulai dengan pembentukan anak usaha di bawah Telkomsel,” kata Ririek, Senin (27/12/2021).

Sekadar informasi, pada kuartal III/2021, pendapatan layanan digital Telkomsel tumbuh 18,6 persen secara tahunan menjadi Rp7,36 triliun.

Layanan digital menjadi pendorong utama transformasi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital dengan inisiatif untuk mengoptimalkan dan mempercepat adopsi melalui produk dan layanan di segmen digital.

Adapun beberapa produk dan layanan di segmen digital antara lain Gaya Hidup Digital, Periklanan Digital, Digital Solusi Perusahaan & bisnis IoT.

Seandainya perusahaan baru sudah terbentuk, diperkirakan produk-produk yang tergabung dalam layanan digital seperti MAXstream, Kuncie, dan lain sebagainya, akan dikelola oleh satu perusahaan khusus.

Adapun secara umum, bisnis digital menjadi mesin pertumbuhan Telkomsel pada kuartal III/2021. Telkomsel membukukan pendapatan senilai Rp50,5 triliun, atau naik 6 persen secara tahunan untuk bisnis digital. Layanan digital merupakan bagian dari bisnis digital.

Kontribusi bisnis digital terhadap total pendapatan Telkomsel meningkat dari 73,2 persen pada kuartal III/2020 menjadi 77,5 persen pada kuartal III/2021.

Pendapatan dari layanan Data tumbuh sebesar 4,1 persen secara tahunan menjadi Rp43,14 triliun dengan 120,9 juta Pengguna Data, naik 3 persen dibandingkan dengan kuartal III/2020, telah menggunakan jaringan Telkomsel. Adapun secara total, pendapatan yang dibukukan Telkomsel pada kuartal III/2021 mencapai Rp65,14 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi telkom
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top