Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investasi Portal Jaringan Satelit LEO OneWeb Tembus Rp100 Miliar

Investasi portal jaringan satelit LEO OneWeb diperkirakan mencapai Rp100 miliar atau setara dengan US$7 juta.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 23 Desember 2021  |  21:16 WIB
Ilustrasi satelit - NASA
Ilustrasi satelit - NASA

Bisnis.com, JAKARTA- PT Dwi Tunggal Putra (DTP) menghabiskan dana sekitar US$7 juta atau sekitar Rp100,2 miliar untuk membangun portal jaringan satelit (Satellite Network Portal) di Serang, Banten.

Chief Commercial Officer DTP Edi Sugianto mengatakan portal jaringan satelit tersebut menghubungkan konstelasi satelit Low Earth Orbit (LEO) global OneWeb ke jaringan serat optik terestrial.

Terdapat beberapa infrastruktur di dalam portal jaringan satelit seperti pangkalan data ukuran kecil, stasiun bumi dan lain sebagainya. DTP menghabiskan dana sekitar US$7 juta untuk membangun portal jaringan untuk satelit Low Earth Orbit (LEO) milik OneWeb.

“Dana yang dihabiskan sekitar US$5 juta - US$7 juta,” kata Edi kepada Bisnis.com, Rabu (22/12/2021)

Sementara itu, Direktur DTP Michael Alifen mengatakan Serang dipilih sebagai tempat pembangunan portal satelit untuk mengikuti peta atau desain infrastruktur jaringan OneWeb. Lokasi pembangunan menurut desain harus berada di Jawa Barat.

Selain itu, lanjutnya, untuk keandalan dan efisiensi Serang merupakan tempat yang tepat. Curah hujan di Serang relatif lebih rendah sehingga sinyal satelit dapat terjaga. Harga lahan di Serang juga terjangkau.

Dari sisi pasokan listrik, portal jaringan satelit OneWeb tidak membutuhkan terlalu banyak listrik. Listrik yang ada saat ini sudah cukup, bahkan untuk operasional pangkalan data yang hanya berisi 10 rack.

“Di sini juga belum banyak gedung-gedung tinggi yang menghalangi lajunya VSAT ke satelit. Makin kosong makin bagus. Curah hujan juga, satelit Ku-Band lebih rentan terhadap cuaca,” kata Michael.

Sebelumnya, PT Dwi Tunggal Putra (DTP) bekerja sama dengan OneWeb dalam membangun portal jaringan satelit orbit bumi rendah atau Low Earth Orbit (LEO).

Melalui kerja sama ini, DTP menjadi satu-satunya mitra distribusi resmi layanan OneWeb di Indonesia.

Keduanya akan menghadirkan layanan internet satelit teknologi terdepan dengan kecepatan internet sangat cepat dan latensi jauh lebih rendah.l dibandingkan dengan satelit konvensional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

satelit
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top