Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Tips Sederhana Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama

Berikut 7 tips sederhana yang dapat membantu agar baterai laptop anda lebih awet dan tahan lama seperti dikutip dari situs ifixit, Rabu (15/12/2021).
Tresia
Tresia - Bisnis.com 15 Desember 2021  |  17:30 WIB
Ilustrasi pelajar menggunakan laptop - timeshighereducation
Ilustrasi pelajar menggunakan laptop - timeshighereducation
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keluhan tentang baterai laptop yang tidak tahan lama atau boros, masih kerap dirasakan oleh seluruh pengguna. Simak 7 tips sederhana agar baterai laptop tahan lama.

Mulai dari pelajar hingga pegawai kini menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Beberapa masalah baterai laptop yang sering ditemui, antara lain tidak bisa menyimpan daya sama sekali jika tidak di-charge atau baterai laptop tersebut akan cepat habis.

Hal ini tentu sangat menggangu dan menghambat kinerja Anda sehari-hari. Bukan itu saja, masalah pada baterai juga dapat membuat laptop cepat rusak jika dibiarkan begitu saja. B

Berikut 7 tips sederhana yang dapat membantu agar baterai laptop anda lebih awet dan tahan lama seperti dikutip dari situs ifixit, Rabu (15/12/2021).

1. Redupkan Kecerahan Layar

Tips yang pertama yang patut anda perhatikan pertama kali, yaitu layar. Pasalnya, layar salah satu bagian laptop yang paling haus daya atau memakan daya yang cukup besar. Menghemat daya ini hanyalah masalah menurunkan kecerahan.

Tombol kecerahan layar biasanya terletak sebagai fungsi kedua dari salah satu tombol F, dan diwakili oleh simbol matahari kecil dengan ikon atas dan bawah. Untuk menggunakannya, cukup tahan tombol fungsi yang benar lalu pilih naik atau turun.

2. Ubah Pengaturan Daya

Windows 10 hadir dengan beberapa fitur daya yang memukau, tentunya sangat memungkinkan Anda dalam meningkatkan kinerja terbaik saat laptop Anda terhubung pada aliran listrik. Hal ini dapat mengoptimalkan masa pakai baterai saat bepergian.

Coba ketik 'opsi daya' ke dalam kotak Mulai Pencarian dan pilih 'Penghemat daya' dari daftar. Windows 10 juga memiliki lebih banyak metode untuk menghemat masa pakai baterai. Ini termasuk pengaturan untuk mematikan monitor dan beralih ke mode tidur lebih cepat.

3. Matikan Wi-Fi

Fitur lain yang memakan daya baterai terbesar, yaitu kemampuan jaringan nirkabel yang ada di sebagian besar laptop. Penggunaan Wi-Fi dapat menguras baterai dengan terus-menerus menarik daya dari baterai bahkan saat tidak tersambung, ketika mencari jaringan.

Ada baiknya Anda coba untuk mematikan perangkat ini bila tidak sedang digunakan. Banyak laptop memiliki tombol fungsi yang memungkinkan Anda mematikan adaptor nirkabel secara manual untuk menghemat pemborosan yang tidak perlu, tetapi untuk beberapa laptop versi lama tidak memiliki fasilitas tersebut.

Meski demikian, Anda dapat membuka Pusat Pemberitahuan dengan mengeklik ikon balon bicara di ujung kanan bilah tugas, dan klik 'Wi-Fi' untuk mematikannya


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget laptop baterai
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Terpopuler

back to top To top