7 Tips Sederhana Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama

Tresia
Rabu, 15 Desember 2021 | 17:31 WIB
Ilustrasi investor menganalisis pergerakan saham melalui laptop/Freepik.com
Ilustrasi investor menganalisis pergerakan saham melalui laptop/Freepik.com
Bagikan

1Cara lain untuk hemat baterai laptop Anda

4. Matikan Periferal (Bluetooth)

Menggunakan periferal (Bluetooth) USB dapat menguras sistem pada baterai laptop Anda, karena motherboard Anda harus memberi daya, jadi jika anda mencabut semuanya dapat menghemat jus.

Stik USB, mouse, dan kamera web adalah pelanggar umum, jadi salin semua informasi Anda dan keluarkan perangkat Anda sesegera mungkin, kemudian pasang track pad laptop di atas mouse USB Anda.

Banyak laptop memiliki tombol fungsi untuk mematikan webcam internal, yang menguras baterai jika diberi kesempatan. Aihkan speaker Anda ke mode mute jika Anda tidak membutuhkan suara, laptop Anda berbunyi "bip" setiap kali menerima e-mail atau boot Windows dapat menguras tenaga.

5. Keluarkan Drive Disk

Memiliki disk yang berputar di drive sangat menguras sumber daya. Sayangnya, banyak program terus-menerus melakukan ini. Cukup keluarkan cakram Anda sebelum beralih ke daya baterai.

Meski demikian, sebagian besar laptop modern tidak dilengkapi dengan disk drive yang terpasang. Jika laptop milik Anda, ada baiknya saat Anda bepergian pastikan drive disk sudah dikeluarkan.

6. Nonaktifkan Fitur Bawaan

Windows 10 memiliki beberapa fitur bawaan yang praktis, tetapi banyak yang menuntut sistem pada baterai laptop Anda yang tidak perlu saat bekerja atau bepergian. Anda dapat melakukan tindakan sederhana dengan mematikan efek grafis saat Anda sedang bepergian untuk membuat laptop Anda lebih efisien.

7. Perawatan Baterai

Baterai Lithium-Ion tidak perlu dikosongkan sepenuhnya, tetapi Anda juga harus menggunakan baterai setelah diisi dayanya.

Jika Anda memiliki cadangan yang terus Anda isi ulang, gunakan itu sebagai pengganti utama Anda secara teratur. Jika Anda memiliki baterai non-Lithium-Ion yang lebih lama, Anda harus mengosongkannya secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper