Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menjajal Ketangguhan Dimensity 1200-Ultra di Xiaomi 11T

Prosesor unggulan dari MediaTek itu dibangun dengan teknologi 6 nanometer yang memiliki central processing unit (CPU) octa-core.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  12:53 WIB
Foto: dok. Xiaomi 11T 5G
Foto: dok. Xiaomi 11T 5G

Bisnis.com, JAKARTA - Performa apik yang ditonjolkan oleh flagship Xiaomi 11T tidak terlepas dari sentuhan system on chip (SoC) terbaik dari MediaTek yaitu Dimensity 1200-Ultra. Lantas apa saja keunggulan dari SoC ini di Xiaomi 11T? 

Sebelumnya, diketahui bahwa prosesor unggulan dari MediaTek itu dibangun dengan teknologi 6 nanometer yang memiliki central processing unit (CPU) octa-core.

Terdiri atas satu Arm Cortex A-78 ultra core hingga 3.0 GHZ, tiga Arm Cortex-A78 super core 2,6 GHz, dan empat Arm Cortex A55 2,0 GHz serta graphics processing unit (GPU) Arm Mali-G77 MC9.

Pemanfaatan prosesor ultra-core 3GHz membuat kinerja CPU menjadi lebih cepat hingga 22 persen dan juga lebih hemat daya hingga 25 persen. Digabungkan dengan RAM quad-channel dan penyimpanan UFS 3.1, pengguna ponsel ini akan sangat nyaman dalam menggunakan gawai karena ponsel berjalan mulus.

Dengan kinerja yang lebih cepat, saat bermain gim SoC akan memberikan pengalaman bermain ‘anti leg-leg klub’.

Foto: dok. Xiaomi 11T 5G

Bermain Gim

Saat Bisnis melakukan uji coba, Xiaomi 11T 5G yang telah ditempelkan cip besutan Mediatek ini, gim-gim populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, dan Player Unknown Battleground (PUBG) Mobile berjalan sangat mulus tanpa hambatan.

Pengetesan menunjukkan untuk bermain gim MLBB dan AOV, pengaturan grafik mentok rata kanan alias paling tinggi, sangat lancar dengan frame rate stabil di 60 frame per second (fps).

Pada smartphone ini, gim PUBG Mobile juga sudah bisa dimainkan dengan pengaturan grafik smooth 90fps. Cip juga berhasil menjalankannya dengan frame stabil di kisaran 85fps-90fps dalam berbagai kondisi dan situasi (eksplorasi maupun pertempuran).

Dimensity 1200-Ultra yang terdapat di Xiaomi 11T juga telah didukung oleh MediaTek HyperEngine 3.0 baru.

PQ Engine 3.0 membuat tampilan gambar lebih realistis di mana bayangan dalam gim dapat terlihat jelas.

Konsumsi daya baterai

Tidak hanya performa yang mumpuni, seperti janjinya cip Dimensity 1200-Ultra memberikan efisiensi daya yang lebih irit atau hemat hingga 22%- 25%.

Hemat daya ini terbukti. Bisnis telah mencoba untuk bermain gim dan menonton video di berbagai platform.

Bisnis mencatat bermain AOV selama 30 menit hanya menghabiskan baterai 7 persen, Genshin Impact selama 30 menit memakan sekitar 11 persen dan menonton Netflix Full HD selama 1 jam hanya mengonsumsi sekitar 6 persen baterai. Ponsel dengan merek lain dapat menyedot daya dengan lebih besar.

Begitu pun dalam pemakaian sehari-hari. Bisnis menemukan fakta bahwa Dimensity 1200-Ultra telah membuat Xiaomi 11T irit daya dan sangat mampu dipakai untuk menemani aktivitas harian normal.

Pengujian Bisnis saat memakai ponsel ini menunjukkan bahwa perangkat memiliki screen on time hingga 5 jam dengan sisa baterai 42 persen. Ini berarti, sangat mungkin perangkat bisa dipakai selama 6 jam atau lebih untuk pemakaian normal.

Adapun, pemakaian yang dilakukan dalam pengetesan ini mencakup menjelajah internet (browsing), menonton konten film, dan bermain gim.

Kamera

Selain menudukung kinerja yang lebih cepat dan daya yang lebih hemat, Dimensity 1200-Ultra juga mampu meningkatkan performa kamer Xiaomi 11T 5G.

Xiaomi 11T dibekali dengan konfigurasi triple camera kamera belakang. Rinciannya kamera utama 108MP f/1.75, kamera ultra lebar 8MP f/2.2 120 derajat, dan kamera telemakro 5MP f/2.4 2 kali zoom.

Foto: dok. Xiaomi 11T 5G

Dalam pengujian langsung, pada kondisi cukup terang atau cukup cahaya (day light), hasil kamera utamanya cukup memuaskan. Dengan resosuli 108MP yang output foto auto-nya menjadi ke 12MP, gambar yang diciptakan cukup detail dengan dynamic range yang luas.

Adapun, pengguna yang ingin memakai lensa dengan resolusi 108MP harus mengaktifkan fiturnya di mode lain. Hasilnya tidak jauh berbeda dalam hal warna yang dihasilkan, hanya saja detailnya jadi lebih tajam jika diperbesar.

Lensa ultra lebarnya juga memiliki sudut yang luas sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengambil objek gambar dengan lebih leluasa. Adapun, kamera telemakronya menghasilkan gambar yang cukup bagus, walaupun jika diperhatikan dengan saksama akan terlihat penurunan kualitas.

Hal yang menarik juga dari teknologi perangkat keras dan lunak pada kamera smartphone ini adalah konsistensi warna di antara ketiga lensa. Memang akan ada perbedaan warna jika diperhatikan lebih detail, tapi secara umum warna yang dihasilkan tergolong sama dan bagus.

Sementara itu, dalam kondisi pencahayaan yang kurang (low light) atau bahkan malam hari, kamera menghasilkan foto yang cukup. Gambar tidak memiliki detail yang tajam tetapi tetap enak dilihat.

Xiaomi menyematkan mode malam yang sangat berguna untuk kondisi pencahayaan ekstrem. Dengan memakai fitur tersebut, gambar menjadi lebih terang dengan penambahan detail lebih.

Keterangan foto: Hasil foto mode malam Xiaomi 11T 5G

Untuk urusan videografi, kamera utama dan telemakronya dapat merekam video hingga ukuran 4K 30fps sementara kamera ultra lebarnya hanya bisa merekam resolusi 1080P 30fps.

Dimensity 1200-Ultra juga membuat kamera Xiaomi 11T ‘dibanjiri’ dengan fitur-fitur menarik seperti Time Freeze, Magic Zoom, dan lain-lain dengan memanfaatkan artificial intelligence untuk memudahkan pengguna berkreasi.

Secara keseluruhan, pemakaian ponsel Xiaomi 11T dengan prosesor Dimensity 1200-Ultra sangat bisa diandalkan untuk berbagai keperluan, mulai dari menikmati konten audio-video dengan asik, bermain gim dengan lancar, dan berbagai keperluan lainnya. 

Kemudian untuk membuka aplikasi dalam jumlah banyak, Dimensity 1200-Ultra membuat peralihan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya terbilang cepat dan halus, sehingga ponsel dapat digunakan untuk multitasking. Pengguna dapat melakukan banyak pekerjaan tanpa perlambatan pergerakan yang membuat mood rusak.

Dalam pengujian Bisnis menggunakan aplikasi AnTuTu V.9, prosesor Dimenisty 1200-Ultra di perangkat Xiaomi 11T mendapatkan skor terbaiknya sebesar 608.434. Angka ini terbilang sangat tinggi, dan masuk dalam jajaran 50 besar peringkat di platform tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone xiaomi
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top