Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sempat Terdampak Erupsi Semeru, XL Pastikan Jaringan Kembali Normal

Perseroan menyatakan erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) tidak berdampak secara signifikan terhadap jaringan XL. 
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  19:22 WIB
Sempat Terdampak Erupsi Semeru, XL Pastikan Jaringan Kembali Normal
Teknisi XL Axiata sedang bekerja di atas menara di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12) - Sumber: XL

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) memastikan secara umum semua layanan telekomunikasi mereka di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dalam kondisi aman. 

Perseroan menyatakan erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) tidak berdampak secara signifikan terhadap jaringan XL. 

Regional Group Head XL Axiata East Region Dodik Ariyanto mengatakan Base Transceiver Station (BTS)XL Axiata yang terdekat berjarak sekitar 11 km dari pusat erupsi. Erupsi dan hujan abu dan pasir yang sangat dahsyat sampai memutus pasokan listrik ke beberapa BTS. 

“Sebagian BTS lainnya tetap bisa menyala karena ada genset,” kata Dodik kepada Bisnis, Selasa (7/12/2021). 

Dodik mengatakan XL berupaya keras untuk tetap menjaga layanan di area bencana tetap menyala. Saat ini layanan telekomunikasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat terdampak dan aparat. 

XL Axiata sendiri memiliki sekitar 33 BTS di radius 20 km dari gunung tersebut, 3 BTS di antaranya sempat padam sesaat terjadi erupsi yang disertai hujan abu dan pasir. Adapun secara total BTS XL di Lumajang sebanyak 103 BTS. 

Saat ini, jaringan XL Axiata di Kabupaten Lumajang terutama Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Tempursari telah berangsur normal kembali. Pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data. 

“Seiring dengan sudah mulai menyala lagi aliran listrik di beberapa area pasca erupsi, maka semua BTS yang sempat terdampak juga sudah bisa beroperasi lagi,” kata Dodik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata menara bts Gunung Semeru
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top