Komet Terbesar di Dunia Ini Ternyata Sangat Aktif, Jaraknya Pecahkan Rekor

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 1 Desember 2021 | 09:57 WIB
Bernardinelli-Bernstein/LADbible
Bernardinelli-Bernstein/LADbible
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komet terbesar yang pernah ditemukan ternyata lebih aktif daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Adapun untuk jaraknya pun lebih dari matahari daripada perkiraan sebelumnya, menurut sebuah studi baru oleh para astronom Universitas Maryland dilansir dari UMD.EDU.

Komet yang diberi nama Bernardinelli-Bernstein (BB) itu memiliki diameter 100 km. Sebagai perbandingan, komet Halley yang sangat terkenal hanya berdiamater 15 km.

Untuk jarak, BB diketahui lebih jauh dari matahari daripada planet Uranus. Kebanyakan komet terletak sekitar satu kilometer atau lebih dan lebih dekat ke Matahari ketika mereka terdeteksi. 

Temuan itu akan membantu para astronom menentukan terbuat dari apa komet BB dan memberikan wawasan tentang kondisi yang ada miliaran tahun yang lalu selama pembentukan tata surya kita.

"Pengamatan ini mendorong jarak untuk komet aktif secara dramatis lebih jauh dari yang kita ketahui sebelumnya," kata Tony Farnham, seorang ilmuwan peneliti di Departemen Astronomi UMD dan penulis utama studi tersebut.

Sering disebut "bola salju kotor" atau "bola tanah es", komet adalah kumpulan debu dan es yang tersisa dari masa-masa awal tata surya. Seberapa hangat mereka harus mulai menguap saat orbitnya membawa mereka lebih dekat ke matahari tergantung pada jenis es yang dikandungnya: air, karbon dioksida, karbon monoksida, atau senyawa beku lainnya.

Para ilmuwan pertama kali menemukan komet BB di luar orbit Uranus pada bulan Juni menggunakan data dari Dark Energy Survey, sebuah upaya internasional untuk mensurvei langit di belahan bumi selatan. Ini menangkap inti terang komet tetapi tidak memiliki resolusi yang cukup tinggi untuk mengungkapkan selubung debu dan uap yang terbentuk ketika komet menjadi aktif.

Ketika Farnham mendengar tentang penemuan itu, dia langsung bertanya-tanya apakah gambar komet BB telah ditangkap oleh Transient Exoplanet Survey Satellite (TESS), yang mengamati satu area langit selama 28 hari setiap kali. Dia pikir waktu pemaparan TESS yang lebih lama dapat memberikan lebih banyak detail.

Farnham dan rekan astronomi termasuk Profesor Riset James Bauer dan Associate Research Scientist Michael Kelley menggabungkan ribuan gambar komet BB yang dikumpulkan oleh TESS dari 2018 hingga 2020.

Dengan menumpuknya, Farnham mampu meningkatkan kontras dan mendapatkan pandangan komet yang lebih jelas. Namun karena komet bergerak, ia harus melapisi gambar agar komet BB tepat sejajar di setiap bingkai.

Teknik itu menghilangkan bintik-bintik yang salah dari bidikan individu sambil memperkuat gambar komet, yang memungkinkan peneliti untuk melihat cahaya kabur dari debu di sekitar BB, bukti bahwa BB mengalami koma dan aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper