Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terungkap ! Gaya Rambut Wanita Mesir 3.300 Tahun Lalu, Sudah Pakai Hair Extension

Gaya rambut adalah bagian dari mode, sama pentingnya dengan penampilan wanita seperti sepatu yang dikenakannya atau tas yang dibawanya. Disesuaikan dengan pakaian, atau bahkan suasana hati baik senang maupun sedih untuk variasi penampilan yang berbeda.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 18 November 2021  |  10:11 WIB
Rambut wanita Mesi 3.300 tahun lalu - Jolanda Bos and Lonneke Beukenholdt (thevintagenews)
Rambut wanita Mesi 3.300 tahun lalu - Jolanda Bos and Lonneke Beukenholdt (thevintagenews)

Bisnis.com, JAKARTA— Banyak wanita saat ini melihat rambut mereka semacam aksesori untuk mengubah tampilan. Bisa diubah berdasarkan warna rambut atau panjangnya yang mengikuti perkembangan musim.

Gaya rambut adalah bagian dari mode, sama pentingnya dengan penampilan wanita seperti sepatu yang dikenakannya atau tas yang dibawanya. Disesuaikan dengan pakaian, atau bahkan suasana hati baik senang maupun sedih untuk variasi penampilan yang berbeda.

Saat ini, bahkan wanita dengan rambut pendek bisa menambahkan ekstensi dan memberikan penampilan baru. Ekstensi sendiri sering dipercaya sebagai inovasi terbaru, jauh berbeda dari zaman nenek moyang dahulu.

Tapi seperti kata pepatah, tidak ada yang benar-benar baru di dunia ini. Contohnya orang Mesir Kuno, kelompok yang benar-benar maju dan canggih, membuktikannya berulang kali dengan segala sesuatu mulai dari teknik penguburan yang mengawetkan tubuh hingga gaya rambut.

Bahkan ekstensi, sudah banyak dipakai oleh banyak wanita di Mesir kuno, dan mereka bahkan dikubur dengan memakainya juga hingga berusia 3.300 tahun. Contohnya kuburan di kota El-Amarna. Situs arkeologi telah menjalani eksplorasi dan penggalian sejak 1977, mengungkapkan pada tahun 2014 contoh wanita yang ribuan tahun yang lalu, mengenakan ekstensi.

Proyek yang sedang berlangsung dilakukan oleh Institut Penelitian Arkeologi Universitas Cambridge di Inggris, dengan dukungan dan izin dari Kementerian Purbakala di Mesir, menunjukkan bahwa model rambut yang ditemukan bergaya rumit, yang menampilkan berbagai lapisan dan panjang.

Dilansir dari thevintagenews, beberapa tengkorak Mesir terpelihara dengan sangat baik sehingga para arkeolog bisa mendapatkan gambaran yang jelas dan komprehensif tentang tren dan warna apa yang modis saat itu. Satu tengkorak menunjukkan bahwa henna mungkin digunakan untuk menutupi rambut beruban pada seorang wanita, sehingga memberinya warna yang lebih kemerahan, dan mungkin penampilan yang lebih muda.

Proyek Amarna, yang merupakan situs untuk mengungkap kejadian di Mesir Kuno terus berusaha untuk mencari tahu lebih dalam. Terutama dalam mengungkapkan praktiknya, kepercayaan agama, dan norma sosialnya.

Para wanita dengan gaya rambut yang luar biasa ini hanyalah salah satu bagian dari teka-teki yang mengajarkan begitu banyak tentang masa lalu Mesir, tetapi juga tentang masa kini dan, mungkin, tentang masa depannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mesir rambut
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top