Hadirkan Konektivitas 5G, Indosat Ooredoo dan Cisco Jalin Kolaborasi

Ahmad Thovan Sugandi
Kamis, 4 November 2021 | 06:53 WIB
Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada Selasa (22/6/2021)./ Indosat.
Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada Selasa (22/6/2021)./ Indosat.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indosat Ooredoo perusahaan telekomunikasi  di Indonesia dan Cisco hari ini mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk berkolaborasi dalam pengembangan solusi konektivitas next-generation di semua jenis bisnis. 

President Director and CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama menyebut perusahaan sangat antusias terhadap inovasi dan lahirnya layanan generasi terbaru yang akan bermanfaat bagi perekonomian Indonesia. 

"Kami bangga bermitra dengan Cisco untuk menghadirkan solusi konektivitas next-generation untuk semua jenis bisnis. Kami percaya kemitraan strategis ini akan berperan penting dalam mendukung pemerintah mempercepat transformasi digital di Indonesia,” ujarnya dalam rilis pers, Rabu (3/11/2021).

Ahmad menyebut kemitraan tersebut bertujuan untuk mempercepat agenda digital Indonesia dengan menghadirkan manfaat dari solusi jaringan dan konektivitas yang unggul bagi semua jenis bisnis di berbagai industri. 

Secara khusus, kolaborasi akan berfokus pada pengembangan teknologi dan solusi yang tepat dengan mengembangkan aplikasi yang memungkinkan sejumlah layanan baru untuk mencapai tujuan kerja sama strategis bagi transformasi digital.

Ahmad mengatakan kemitraan tersebut hadir seiring dengan banyaknya peluncuran komersial layanan 5G di Indonesia.

MoU ditandatangani oleh Indosat Ooredoo dan Cisco di San Jose, California. Melalui MoU tersebut, Cisco akan bekerjasama dengan Indosat Ooredoo dalam melakukan transformasi arsitektur untuk membantu membuka potensi komersial dari solusi konektivitas yang aman dan agile untuk semua jenis bisnis. 

Selain itu, kemitraan tersebut diklaim akan memperkuat jaringan seluler dan fiber optic Indosat Ooredoo untuk peluncuran komersial layanan 5G dan konektivitas berkecepatan tinggi yang lebih banyak ke depannya. 

Penguatan jaringan akan memungkinkan Indosat Ooredoo menghadirkan berbagai kapabilitas, seperti layanan teknologi low-latency, managed Wi-Fi, dan managed SD-WAN, yang akan memberi keunggulan atas penawaran dan posisi perusahaan di era 5G ini.

President Asia Pacific and Japan, Service Provider Business, Cisco Systems Sanjay Kaul menyebut pascapandemi konektivitas akan memainkan peran yang lebih krusial dalam setiap aspek kehidupan. Kolaborasi dengan Indosat Ooredoo akan menggabungkan kapabilitas yang terbaik dari kedua perusahaan dalam menghadirkan infrastruktur next-generation network.

"Juga didukung oleh jaringan fiber optic software-defined routed, yang akan memberikan manfaat kelincahan layanan dan nilai tambah digital bagi perusahaan kecil, menengah, dan besar di era 5G,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper