Facebook, Instagram, dan WhatsApp Lumpuh, Kejadian Terburuk Sejak 2008

Amanda Kusumawardhani
Selasa, 5 Oktober 2021 | 11:32 WIB
Logo Facebook/Reuters
Logo Facebook/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gangguan teknis yang dialami Facebook sehingga menyeret Instagram, dan WhatsApp selama 6 jam membuat panik miliaran pengguna dan pengiklannya di seluruh dunia.

Gangguan dimulai Senin pagi sekitar pukul 11.40 ET atau Senin pukul 22.40 WIB. Facebook, Instagram, dan WhatsApp mendadak tidak bisa diakses. Sejumlah aplikasi serupa pun akhirnya mencatat lonjakan pendaftaran pengguna baru akibat 3 aplikasi populer tersebut tak bisa diakses.

Dilansir the verge, Selasa (5/10/2021), gangguan semacam ini ternyata bukan pertama kali dialami oleh Facebook. Pada 2019, aplikasi tersebut tidak bisa diakses selama lebih dari 24 jam.

Facebook bersama WhatsApp, dan Instagram tidak bisa diakses mulai pukul 11 am ET pada 13 Maret 2019. Untuk beberapa orang, mereka mengaku tidak bisa mengakses semua aplikasi. Tetapi sebagian orang mengaku masih bisa mengakses sebagian fitur dari ketiga aplikasi tersebut.

Sehari setelahnya, Facebook akhirnya memberikan penjelasan atas gangguan teknis yang dialami oleh perusahaan yakni karena adanya pergantian konfigurasi server.

Selain itu, Facebook juga pernah dilumpuhkan total oleh bug sehingga mempengaruhi sekitar 80 juta pelanggannya pada saat itu. Gangguan teknis tersebut berlangsung selama 1 hari. Facebook saat ini memiliki 2,3 miliar pengguna bulanan, membuat gangguan pada tahun ini menjadi yang paling buruk sejak 2008.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper