Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi Rilis, Ini 10 Fitur Baru dan Cara Download Windows 11

Microsoft menyediakan pembaruan ke Windows 11 secara bertahap mulai 5 Oktober 2021 hingga pertengahan 2022.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Oktober 2021  |  11:59 WIB
Bocoran tampilan Windows 11 - TheVerge
Bocoran tampilan Windows 11 - TheVerge

Bisnis.com, SOLO - Setelah dinantikan cukup lama, Microsoft akhirnya resmi merilis Windows 11 pada Selasa (5/10/2021) ini.

Kini, Anda pun bisa mengunduhnya tanpa perlu lagi menjajal versi Beta atau Insider Program-nya. Lebih jauh, dengan versi finalnya ini, Anda pun bisa menikmati banyak fitur menarik yang layak dicoba.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya Windows 11 sijalankan di PC atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, seperti memiliki kapasitas RAM 4 GB, storage berkapasitas 64 GB atau lebih besar, system firmware berupa UEFI, dan berprosesor 1 GHz atau lebih cepat dengan 2 atau lebih cores kompatibel dengan 64-bit prosesor atau System on a Chip (SoC).

Lepas dari itu, berikut sejumlah fitur anyar yang terdapat dalam Windows 11.


1. UI terinspirasi Macbook

Windows 11 menghadirkan antarmuka pengguna (UI) yang bersih dan modern dengan sudut bulat dan bernuansa pastel. Perubahan terbesar yang akan Anda perhatikan adalah posisi baru Taskbar dengan Start Menu. UI-nya lebih halus dan lebih fungsional. Pengaturan juga telah diubah dengan menu dan sub-menu, serta panel statis.

2. Kontrol media universal

Dengan Windows 11, Anda dapat mengontrol semua pemutaran media di PC Anda dari Pusat Aksi. Anda dapat memutar video YouTube acak, lagu favorit di Spotify, atau video yang disimpan di PC, dan semuanya akan ditampilkan di Pusat Aksi.

3. Microsoft Store baru

Windows 11 hadir dengan Microsoft Store baru. Sekarang ia mendukung aplikasi dari berbagai platform, termasuk Win32, .NET, UWP, Xamarin, Electron, React Native, Java, dan Progressive Web Apps, serta menawarkan tema dan ekstensi untuk browser Microsoft Edge. Lebih jauh, Windows 11 Microsoft Store juga hadir dengan UI pengguna yang baru dan ramping untuk navigasi yang mudah.

4. Aplikasi Android dan Amazon App Store

Windows sekarang dapat menjalankan aplikasi Android. Dengan demikian, Anda dapat melakukan sideload aplikasi yang ingin Anda jalankan di PC Anda. Adapun aplikasi Android didukung oleh prosesor Intel dan AMD. Di sisi lain, Windows 11 juga akan hadir dengan App Store untuk aplikasi Android yang didukung Amazon, sehingga Anda tidak perlu melakukan sideload APK setiap saat.

5. Widget

Windows 11 baru hadir dengan widget yang sangat mirip seperti di macOS Monterey. Melalui widget itu, Anda dapat melihat cuaca, berita, harga saham, skor, dan bisa menyesuaikannya sesuai selera personal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

microsoft windows
Sumber : Tempo
Editor : Aliftya Amarilisya

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top