19 Delegasi Indonesia Ramaikan Tokyo Game Show 2021

Amanda Kusumawardhani
Kamis, 30 September 2021 | 15:51 WIB
Para gamer dari dua tim e-sport berbeda sedang berkompetisi memainkan Call of Duty di Tokaigi Game Party Japan di Chiba, Jepang, Sabtu (26/1/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada
Para gamer dari dua tim e-sport berbeda sedang berkompetisi memainkan Call of Duty di Tokaigi Game Party Japan di Chiba, Jepang, Sabtu (26/1/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTASebanyak 19 peserta delegasi Indonesia akan menampilkan karya-karya terbaiknya dalam bidang game developing, game publishing, dan game service di ajang Tokyo Game Show (TGS) 2021.

TGS adalah pameran dagang serta eksibisi gim terkemuka di dunia yang akan dilaksanakan pada 30 September – 3 Oktober 2021. Kegiatan ini seringkali dijadikan acuan bagi penyelenggaraan acara serupa di kawasan lain.

Konten di dalamnya juga seringkali menjadi barometer perkembangan industri gim global. Pada penyelenggaraan tahun ini, TGS 2021 dilangsungkan secara daring dan luring.

“Kami percaya bahwa potensi game lokal atau game buatan Indonesia sangatlah besar untuk dapat dilirik dunia sebagai produk digital ekonomi kreatif unggulan asal Indonesia. Hal ini tentu pada akhirnya juga akan dapat mengakselerasi pemulihan perekonomian bangsa di tengah kondisi pandemi saat ini,” ujar Nia Niscaya dalam keterangan resminya, Kamis (30/9/2021).

Para delegasi juga akan diberikan akses untuk berpartisipasi dalam kegiatan MeetToMatch – The Tokyo Edition 2021, sebuah platform independen yang diselenggarakan bersamaan dengan TGS. 

MeetToMatch akan mempertemukan para delegasi dengan pelaku bisnis internasional di industri gim global dalam layanan matchmaking business.

Partisipasi Indonesia di TGS didukung oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang.

Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno mengatakan partisipasi Indonesia dalam TGS tahun ini sebagai salah satu bentuk konsistensi kolaborasi antara pemerintah dengan stakeholder industri gim nasional untuk memajukan produk gim Indonesia di pasar global.

“Dengan semakin konsistennya kita mengirimkan delegasi Indonesia dalam event-event semacam ini, akan semakin membuat game Indonesia dikenal di industri game mancanegara, sehingga pada gilirannya juga akan meningkatkan profil industri game lokal kita di dunia,” ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dari 17 subsektor ekonomi kreatif di Indonesia, aplikasi dan permainan (gim) pada 2020 menempati posisi ke-7 penyumbang terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif nasional.

Berikut adalah daftar delegasi Indonesia pada gelaran TGS 2021:

  1. 4happy Studio
  2. Agate
  3. Algorocks
  4. Ayoo Kreasi
  5. Big Fire Studio
  6. Engram Interactive
  7. Extra Life Entertainment
  8. Gambir Studio
  9. GameChanger Studio
  10. Joyseed Gametribe
  11. Lyto
  12. PT Megaxus Infotech
  13. PT Melon Indonesia
  14. Rainman Studios
  15. Satriver Studio
  16. Seraph Games
  17. Vertwo
  18. Wisageni Studio
  19. Xelo Games

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper