Bagaimana Sejarah Terbentuknya Mesin Pencarian Google di Dunia?

Novita Sari Simamora
Senin, 27 September 2021 | 12:46 WIB
Google ulangtahun ke-23./tangkapan layar
Google ulangtahun ke-23./tangkapan layar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perjalanan Google dimulai pada 1995 di Universitas Stanford, saat Larry Page dan Sergey Brin bertemu.

Saat itu, Larry Page sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan studinya ke jenjang pascasarjana di Stanford, dan Sergey Brin, seorang mahasiswa di sana, diminta untuk mengajaknya berkeliling. Lantas, bagaimana cara mereka menciptakan Google?

Menurut sebagian orang, pada saat itu mereka tidak sepemikiran hampir dalam segala hal, tetapi setahun kemudian mereka menjadi sahabat dekat. Dari kamar asrama, Larry dan Sergey membuat mesin penelusuran yang menggunakan link untuk menentukan peringkat setiap halaman di internet, yang dulu disebut World Wide Web. Mereka menamai mesin telusur ini Backrub dn diganti nama menjadi Google.

Nama Google merupakan pelesetan dari istilah ekspresi matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol, yang sangat mencerminkan misi Larry dan Sergey yakni “mengelola informasi dunia serta membuatnya berguna dan dapat diakses semua orang”.

Selama beberapa tahun berikutnya, Google tidak hanya menarik perhatian komunitas akademis tetapi juga para investor Silicon Valley. Pada Agustus 1998, co-founder Sun, Andy Bechtolsheim, memberikan cek senilai US$100.000 kepada Larry dan Sergey.

Pada saat itulah Google LLC didirikan secara resmi. Dengan investasi ini, tim yang baru terbentuk itu mulai melakukan upgrade dengan pindah dari kamar asrama ke kantor pertamanya yakni sebuah garasi di daerah pinggiran kota Menlo Park, California, milik Susan Wojcicki (karyawan ke-16 dan kini menjabat sebagai CEO YouTube).

Kantor awal Google tersebut hanya memiliki komputer desktop kuno, satu meja ping-pong, dan karpet berwarna biru terang menjadi pemandangan sehari-hari pada saat itu.

Bahkan di masa-masa awal, ada banyak hal yang tidak biasa dari perusahaan ini yakni mulai dari server pertama Google (yang terbuat dari Lego) hingga gambar “Doodle” pertama pada 1998: yakni gambar orang-orangan yang terselip di antara logo Google, yang secara tidak langsung memberitahu pengunjung situs bahwa seluruh staf sedang mengikuti Festival Burning Man.

Slogan “Don't be evil” (jangan berbuat jahat) menggambarkan keinginan kami untuk menggunakan metode yang berbeda.

Beberapa tahun berikutnya, Google berkembang sangat cepat — merekrut engineer, membentuk tim penjualan, dan memperkenalkan anjing perusahaan pertamanya, Yoshka. Karena telah berkembang jauh lebih besar, Google akhirnya harus berpindah dari ruang garasi menuju kantor pusatnya saat ini (Googleplex) di Mountain View, California.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper