Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bakti Ingin Integrasikan Palapa Ring, Investasinya Rp8 Triliun!

Bakti berencana membangun Palapa Ring Terintegrasi dengan nilai investasi hingga Rp8 triliun.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 15 September 2021  |  11:27 WIB
Peta sistem komunikasi kabel laut Palapa Ring paket barat. - Kementerian Komunikasi dan Informatika
Peta sistem komunikasi kabel laut Palapa Ring paket barat. - Kementerian Komunikasi dan Informatika

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) berencana membangun Palapa Ring Integrasi pada 2022 -2023. Palapa tersebut akan menghubungkan ketiga Palapa Ring sehingga okupansi masing-masing Palapa Ring makin tinggi.

Bakti membutuhkan dana sekitar Rp8 triliun untuk membangun Palapa Ring Integrasi. Pendanaan rencananya akan dihimpun dari luar dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Latif mengatakan Palapa Ring tersebut akan memiliki panjang sekitar 12.083 km, dan dibangun dalam dua fase pembangunan.

Fase 1 pada 2022 sepanjang 5.226 km dan fase 2 pada 2023 sepanjang 6.857 km. Dari total fiber optic yang akan dibangun, 8.203 km akan digelar di daratan, 3.880 km di laut, dan sisanya berupa microwave link.

“Jaringan ini akan mengintegrasikan 3 paket Palapa Ring yang sudah terbangun, yakni Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur sehingga saling terhubung,” kata Anang dalam konferensi virtual, Selasa (14/9/2021).

Anang mengatakan Palapa Ring Integrasi akan memperkuat jaringan yang sudah ada dan menjadi jaringan cadangan bila di satu wilayah jaringannya terputus, sehingga pemanfaatan internet akan lebih maksimal.

“Sumber pendanaan program rencananya didapat dari kerja sama pemerintah dan pihak swasta,” kata Anang.

Anang mengatakan pengguna internet aktif pada 2019—2020 baru 73,7 persen dari seluruh total penduduk Indonesia, dengan tingkat penetrasi tertinggi di Pulau Jawa dan Sumatera.

Target pemerintah setidaknya sebanyak 92,6 persen dari total penduduk merupakan pengguna internet aktif. Cara yang ditempuh untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan Palapa Ring.

“Tol Langit seperti jalan tol bebas hambatan. Jaringan internet di pedalaman yang sebelumnya hanya terwujud oleh satelit kini digantikan oleh serat optik,” kata Anang.

Sementara itu Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) Galumbang Menak mengatakan Moratelindo telah terlibat dengan penggelaran Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Timur.

Untuk Palapa Ring Barat, okupansi telah sesuai dengan target yaitu di atas 30 persen. Sementara itu, okupansi di Palapa Ring Timur, masih 21 persen di bawah target yang seharusnya yaitu 30 persen.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palapa ring bakti
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top