Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Surge (WIFI) Bakal Bangun Jaringan Serat Optik sepanjang 2.800 Km

Surge menargetkan jaringan serat optik sepanjang 2.800 km tersebut rampung pada akhir 2021.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 10 September 2021  |  20:05 WIB
CEO PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) Hermansjah Haryono.  - Surge
CEO PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) Hermansjah Haryono. - Surge

Bisnis.com, JAKARTA — PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) atau Surge melalui Weave menggandeng Prasetia Dwidharma dan Sarida Utama untuk akselerasi proyek infrastruktur jaringan serat optik di sepanjang rel kereta api di Pulau Jawa.

Kerjasama ini akan menargetkan jaringan serat optik sepanjang 2.800 km yang rampung pada Desember 2021.
CEO Surge, Hermansjah Haryono optimistis  dengan kerjasama tersebut. Sejak awal Surge telah menggodok proyek infrastruktur fiber optik ini Weave dan memposisikan Weave sebagai neutral carrier provider & collaborator.

“Walau kami memiliki infrastruktur yang lengkap dari serat optik hingga edge data center, prinsip gotong royong akan selalu kami kedepankan, yang tercermin dari kerjasama kami dengan sesama anak bangsa yakni Konsorsium Prasetia Dwidharma-Sarida Utama,” ujarnya pada keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (10/9/2021).

Hermansjah membeberkan jika setelah merampungkan ruas Jakarta-Cikarang-Bandung, dan Jakarta-Bogor sepanjang total 180km pada September 2021, kedepannya akan  fokus pada penyelesaian ruas-ruas lainnya yakni mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, sampai Jawa Timur.

Pembangunan ruas tersebut akan dikerjakan secara bersamaan dengan penambahan fase-fase proyek dan alokasi human resource yang sangat efektif.
 
Sekedar informasi, PT Prasetia Dwidharma yang berdiri sejak 2008, memiliki pengalaman panjang dalam proyek infrastruktur seperti pembangunan hingga perawatan dan perbaikan menara BTS dan menara PLN, penggelaran serat optik hingga solusi-solusi smart city.
 
Kemudian, PT Sarida Utama yang sudah membangun infrastruktur negeri sejak 1976, berpengalaman dalam infrastruktur perkeretaapian, telekomunikasi, hingga konstruksi bangunan berbagai proyek strategis.
Penggelaran di sepanjang jalur kereta milik PT KAI sangat didukung dari sisi keamanan dan minim gangguan, sehingga menghasilkan konektivitas jaringan yang handal, berkualitas, dan berkecepatan tinggi bagi pengguna akhir nantinya.
 
“Keberadaan serat optik Surge yang berada di sepanjang rel kereta api akan sangat mendukung Edge Data Center (EDC) yang juga kami bangun, yang mana mensyaratkan konektivitas berkualitas, berkecepatan tinggi, handal, dan minim gangguan,” tutup Hermansjah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi serat optik
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top