Begini Nasib Planet Bumi 500 Tahun Mendatang

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 9 Agustus 2021 | 12:37 WIB
Planet bumi bulat/istimewa
Planet bumi bulat/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Para ilmuwan telah membuat beberapa prediksi tentang masa depan. Beragam analis untuk menerka-nerka seperti apa bumi di masa datang diamati para ilmuwan.

Tetapi memprediksi seperti apa Bumi 500 tahun dari sekarang adalah tugas sulit karena ada banyak faktor yang berperan.

Ada dua jenis proses utama mengubah planet ini, pertama melibatkan siklus alami, seperti cara planet berputar dan bergerak mengelilingi matahari. Dan yang kedua disebabkan oleh bentuk kehidupan, terutama manusia.

Bumi berotasi, sudut kemiringannya berubah dan bahkan orbitnya berubah untuk membawa Bumi lebih dekat atau lebih jauh dari matahari dengan revolusi. Perubahan ini terjadi selama puluhan ribu tahun, dan proses tersebut yang bertanggung jawab atas zaman es.

Namun, pengaruh manusia mengubah planet adalah pengaruh besar kedua.

Menurut catatan Michael A. Little, Profesor Emeritus Antropologi, Universitas Binghamton, Universitas Negeri New York dan William D. MacDonald, Profesor Emeritus, Departemen Ilmu Geologi, Universitas Binghamton, Universitas Negeri New York yang dilansir dari space.com, Senin ( 9/8/2021) efek kehidupan di planet bumi lebih sulit diprediksi.

Makhluk hidup dapat mengganggu satu bagian dari ekosistem dapat membuat banyak hal lain menjadi kacau. Manusia khususnya, dapat mengubah Bumi dalam banyak cara.

Mereka menebangi hutan dan menghancurkan habitat satwa liar yang penting untuk membangun kota dan menanam tanaman. Mereka memindahkan spesies invasif di sekitar planet ini dan mengganggu ekosistem.

Mereka juga berkontribusi terhadap pemanasan global. Orang-orang menyebabkan perubahan iklim, sebagian besar dengan membakar bahan bakar fosil yang melepaskan lebih banyak gas rumah kaca ke atmosfer daripada yang dapat ditangani oleh planet dan atmosfer.

Biasanya, gas rumah kaca memerangkap panas dari matahari seperti yang dilakukan kaca rumah kaca, menjaga Bumi lebih hangat daripada yang seharusnya. Itu bisa berguna jika tidak mendapatkan terlalu banyak.

Hasil dari terlalu banyak karbon dioksida adalah kenaikan suhu, dan itu dapat menyebabkan hari-hari musim panas yang berbahaya dan mencairnya es di Greenland dan Antartika. Mencairnya lapisan es mengangkat lautan, menyebabkan daerah pesisir banjir.

Itulah yang sedang dihadapi Bumi saat ini. Perubahan ini dapat menyebabkan planet yang sangat berbeda dalam 500 tahun, sebagian besar tergantung pada seberapa besar keinginan manusia untuk mengubah cara mereka.

Pemanasan planet juga dapat berkontribusi pada cuaca ekstrem seperti gelombang panas, badai, dan kekeringan yang dapat mengubah daratan. Semua bentuk kehidupan di Bumi terancam.

Melihat kembali 500 tahun terakhir, bagian bumi yang hidup, yang disebut biosfer, telah berubah secara dramatis.

Jumlah manusia telah meningkat dari sekitar 500 juta orang menjadi lebih dari 7,5 miliar saat ini. Lebih dari 800 spesies tumbuhan dan hewan telah punah karena aktivitas manusia selama periode tersebut. Seiring bertambahnya populasi manusia, spesies lain memiliki lebih sedikit ruang untuk berkeliaran. Kenaikan permukaan laut berarti lebih sedikit daratan, dan kenaikan suhu akan mengirim banyak spesies bermigrasi ke iklim yang lebih baik.

Tidak semua perubahan Bumi disebabkan oleh manusia, tetapi manusia telah memperburuk beberapa di antaranya.

Tantangan utama saat ini adalah membuat orang berhenti melakukan hal-hal yang menimbulkan masalah, seperti membakar bahan bakar fosil yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Ini adalah salah satu masalah global yang mengharuskan negara-negara di seluruh dunia dan orang-orang di dalamnya untuk bekerja menuju tujuan yang sama.

Christopher Columbus mungkin tidak bisa membayangkan jalan raya yang penuh dengan mobil atau telepon genggam. Teknologi tidak diragukan lagi akan meningkat selama 500 tahun ke depan juga.

Namun sejauh ini, solusi teknologi belum berkembang cukup cepat untuk mengatasi perubahan iklim. Untuk terus melakukan hal yang sama dan mengharapkan orang lain untuk memperbaiki kekacauan nanti akan menjadi pertaruhan yang berisiko dan mahal.

Jadi, Bumi dalam 500 tahun mungkin tidak bisa dikenali. Atau, jika manusia ingin mengubah perilaku mereka, ia dapat bertahan dengan hutan, lautan, ladang, dan kota yang semarak selama berabad-abad, bersama dengan penghuninya yang paling sukses, umat manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper