Akuisisi Saham Link Net, Ini Rencana XL (EXCL)

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 30 Juli 2021 | 20:03 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengungkapkan akusisi saham Link Net akan membuat produk konvergensi perseroan makin luas. 

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuni mengatakan XL Axiata dan Axiata Group telah menandatangani kesepakatan tidak mengikat dengan pemegang saham mayoritas Linknet untuk melakukan akuisisi atas 66,03 persen saham Link Net. 

XL berharap aksi korporasi ini akan memungkinkan perseroan untuk memperluas capaian produk konvergensi yang lebih besar. 

“Kami memiliki tujuan untuk menjadi operator konvergensi di Indonesia,” kata Ayu kepada Bisnis, Jumat (30/7). 

Sebagai informasi, pada Juni 2021, XL Axiata memperkenalkan produk inovatif dari XL Home dan XL Prabayar, yaitu XL Satu Fiber. 

XL mengeklaim produk tersebut sebagai layanan konvergensi pertama yang memungkinkan layanan berbasis serat optic dan sekaligus layanan seluler dalam satu produk.

Per Mei 2021, XL Axiata mencatat jumlah pelanggan XL Home telah mencapai 110.000 pelanggan. 

Pada periode tersebut, Homepass XL Home telah mencapai 580.000. XL mengincar 650.000 homepass hingga akhir tahun. Homepass adalah jaringan kabel serat optik yang sudah tergelar melewati rumah-rumah.

Untuk pelanggan seluler, per kuartal I/2021, XL memiliki pelanggan sebanyak 56,2 juta pelanggan. Rerata pendapatan yang dibukukan XL per pelanggan adalah sebesar Rp35.000

Adapun mengenai pergelaran 5G, Ayu mengatakan XL masih memperhatikan aturan terkait pemberlakuan Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk ikut uji layak operasi. 

XL belum dapat memastikan apakah ULO terealisasi pada 3 - 6 Agustus 2021, mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih tinggi. 

“Untuk sementara detail mengenai produk, layanan, waktu dan lokasi terkait ULO, hingga kini belum bisa kami sampaikan,” kata Ayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper