XL Axiata (EXCL): Segmen Ritel Paling Siap Pakai Jaringan 5G

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 28 Juli 2021 | 17:21 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menilai segmen ritel lebih siap untuk mengadopsi layanan 5G saat ini. Perusahaan berkode saham EXCL itu terus menyiapkan diri untuk menggelar jaringan generasi kelima.

Group Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk. Tri Wahyuningsih mengatakan saat ini pelanggan ritel masih yang paling siap untuk menerima layanan 5G, mengingat kasus pemanfaatan 5G di Tanah Air masih terbatas karena spektrum frekuensi belum tersedia.

“Jika dilihat dari jumlah pelanggan yang ada sekarang, serta keterbatasan spektrum dan kasus pemanfaatan, pelanggan individu atau ritel paling siap untuk menerima layanan 5G,” kata Ayu, Rabu (28/7/2021).

Sekadar informasi, per kuartal I/2021, XL memiliki pelanggan sebanyak 56,2 juta pelanggan. Rerata pendapatan yang dibukukan XL per pelanggan adalah sebesar Rp35.000.

Ayu menambahkan untuk jangka panjang, seiring dengan ketersediaan spektrum dan kasus pemanfaatan yang terus berkembang, penetrasi layanan 5G ke industri dan enterprise diharapkan akan dapat berkembang lebih pesat lagi.

Khusus untuk uji layak operasi 5G, XL masih memperhatikan aturan terkait pemberlakuan Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) XL belum dapat memastikan apakah ULO terealisasi pada 3 - 6 Agustus 2021, mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih tinggi.

“Untuk sementara detail mengenai produk, layanan, waktu dan lokasi terkait ULO, hingga kini belum bisa kami sampaikan,” kata Ayu.

Salah satu persiapan yang dilakukan XL untuk menggelar 5G adalah terus memperpanjang jaringan serat optik yang dimiliki. Hingga saat ini, XL telah memiliki kabel serat optik sepanjang 113.000 kilometer.

XL akan menjalin kerja sama menggandeng operator lain dalam memperpanjang jaringan serat optik yang dimiliki. Jaringan serat optik tersebut tidak hanya digunakan untuk 5G juga untuk layanan internet rumah yang mereka miliki yaitu XL Home.

“Pada dasarnya XL Axiata selalu terbuka dengan segala peluang yang ada selama dapat memberikan manfaat positif untuk kelangsungan bisnis kami,” kata Ayu.

Sekadar informasi, pada tahun ini XL menganggarkan belanja modal senilai Rp7 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk memperkuat jaringan 4G LTE yang dimiliki, termasuk menggenjot fiberisasi.

Per Mei 2021, XL Axiata mencatat jumlah pelanggan XL Home telah mencapai 110.000 pelanggan. Pada periode tersebut, Homepass XL Home telah mencapai 580.000. XL mengincar 650.000 homepass hingga akhir tahun. Homepass adalah jaringan kabel serat optik yang sudah tergelar melewati rumah-rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper