Startup Besutan Honda Bikin Sepatu Khusus untuk Tunanetra, Ada Navigasinya

Dionisio Damara
Selasa, 27 Juli 2021 | 20:37 WIB
Sepatu dengan teknologi navigasi buatan Ashirase. /Honda
Sepatu dengan teknologi navigasi buatan Ashirase. /Honda
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Honda Motor Company mendirikan perusahaan rintisan atau startup bernama Ashirase, yang saat ini tengah mengembangkan sistem navigasi di dalam sepatu guna mendukung tunanetra ketika berjalan kaki.

Representative Director of Ashirase, Wataru Chino, mengatakan bahwa ide tersebut muncul ketika salah satu anggota keluarganya, yang tunanetra mengalami kecelakaan. Kejadian itu pun memicunya untuk mewujudkan mobilitas yang aman bagi penyandang tunanetra.

“Saya yakin bahwa kami akan menghadapi banyak kendala saat proses pengembangan hingga peluncuran Ashirase. Namun, kami akan mengatasi hambatan tersebut satu per satu dan mengabdikan diri dengan sepenuh hati untuk mewujudkan kebebasan mobilitas bagi penyandang tunanetra,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

Ashirase adalah sistem navigasi dari sebuah aplikasi smartphone dan perangkat getaran 3D, termasuk sensor gerak yang terpasang di dalam sepatu. Cara kerja sistem ini adalah ketika sebuah rute diatur dengan aplikasi, perangkat akan bergetar untuk menyediakan navigasi. Sistem navigasi ini rencananya mulai dijual pada 2023.

Saat penggunanya harus berjalan lurus, perangkat getaran yang berada di bagian depan kaki akan bergetar. Ketika penggunanya mendekati belokan kanan atau kiri, perangkat getaran di sisi kanan atau kiri akan kembali bergetar untuk memberi instruksi kepada penggunanya.

Navigasi yang disediakan oleh Ashirase memungkinkan pengguna untuk berjalan lebih aman. Sebab, dengan penglihatan yang terbatas, para tunanetra seringkali menghadapi masalah, seperti tersesat dan jatuh.

Fitur-fitur utama Ashirase meliputi informasi panduan untuk pengguna tunanetra yang dibuat berdasarkan informasi posisi Global Navigation Satellite System (GNSS), yaitu sistem penentuan posisi, navigasi, dan waktu satelit berdasarkan gerakan kaki pengguna.

Navigasi disediakan melalui getaran pada kaki, sehingga tidak mengganggu tangan pengguna yang memegang tongkat atau telinga untuk mendengarkan suara sekitar. Selain itu, alat getar ini terletak sejajar dengan lapisan saraf kaki, sehingga memudahkan untuk merasakan getaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dionisio Damara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper