Kamu Pengguna iPhone? Jangan Sembarangan Koneksikan Wi-Fi

Rezha Hadyan
Selasa, 6 Juli 2021 | 06:10 WIB
Wifi/Wikipedia
Wifi/Wikipedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda pengguna iPhone jangan sembarangan menghubungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi sembarangan, sekalipun itu bukan jaringan umum.

Melansir The Verge pada Senin (5/7/2021), baru-baru ini ditemukan bahwa nama jaringan WiFi yang memiliki simbol persen (%) rupanya bisa menghilangkan jaringan baik di iPhone maupun perangkat dengan sistem operasi iOS lainn

Peneliti yang menemukan fakta itu Carl Schou mencuit di Twitternya mengenai fitur WiFi di iPhone dan perangkat iOS yang menghilang jika nama jaringan WiFi itu mengandung simbol (%).

“Anda bisa secara permanen menghilangkan jaringan WiFi untuk semua perangkat iOS dengan nama WiFi '%secretclub%power’. Bahkan mengatur ulang jaringan pun tidak menjamin layanannya kembali berfungsi,” kata Carl.

Beberapa minggu sebelumnya, Carl Schou bersama timnya yang bernama Secret Club menemukan bahwa jika iPhone terhubung dengan jaringan yang memiliki simbol (%) justru menimbulkan “bug” pada sistem operasi ponsel itu.

Selain itu, layanan yang terhubung dengan jaringan seperti AirDrop juga ikut bermasalah dan tidak bisa digunakan jika sudah terhubung dengan jaringan yang dinamai dengan simbol persen.

Ada pun penjelasan yang paling masuk akal untuk menjawab itu adalah fakta bahwa simbol persen (%) merupakan salah satu simbol yang digunakan dalam bahasa pemrograman.

Dalam bahasa pemrograman C#, simbol (%n) merupakan simbol penentu. Bisa saja subsistem WiFi meneruskan nama jaringan itu dan menyebabkan kerusakan memori pada ponsel iOS.

Karena itu, untuk menghindari kondisi tak bisa dihubungkannya iPhone atau pun perangkat iOS dengan jaringan internet baiknya anda tidak menggunakan WiFi dengan nama yang mengandung simbol persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper