Dorong Efisiensi Penyedia Layanan, F5 Indonesia Hadirkan Volterra

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 2 Juli 2021 | 06:31 WIB
Warga menggunakan smartphone berjalan melewati papan Taman 5G di markas Huawei Technologies Co. di Shenzhen, China, Rabu(22/5/2020).Bloomberg/Qilai Shen
Warga menggunakan smartphone berjalan melewati papan Taman 5G di markas Huawei Technologies Co. di Shenzhen, China, Rabu(22/5/2020).Bloomberg/Qilai Shen
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – F5 Indonesia, perusahaan multi-cloud application security dan delivery, menghadirkan platform horizontal Volterra.

Platform ini bermanfaat untuk mengatasi kompleksitas penerapan jaringan 5G sehingga memberikan efisiensi dalam operasional penyedia layanan.  

Country Manager F5 indonesia Surung Sinamo mengatakan F5 berupaya memberikan solusi layanan berbasis perangkat lunak atau software as a services (SaaS) kepada penyedia layanan platform, untuk menghubungkan, mengamankan, dan mengamati aplikasi yang digunakan di berbagai platform komputasi awan. 

Selama ini sebagian besar perusahaan secara manual mengintegrasikan application logic, pengantaran, dan keamanan dari aplikasi lokal dan wide area networks ke komputasi awan publik, Content Delivery Networks (CDNs), dan infrasktruktur edge. 

Praktik tersebut memaksa perusahaan untuk mengadaptasi aplikasi mereka ke setiap vendor edge, yang menyebabkan kompleksitas operasional yang berlebihan. 

Kompleksitas operasi tersebut memunculkan risiko bagi perusahaan dengan makin meningkatnya ancaman dan serangan siber, termasuk saat kehadiran 5G. 

“Volterra membantu meningkatkan efektivitas keamanan di lingkungan 5G, dan menyederhanakan manajemen dan operasi di lanskap multi-cloud yang heterogen,” kata Sinamo dalam konferensi virtual, Kamis (1/7/2021). 

Dia menambahkan dengan solusi SaaS Volterra, perusahaan dapat menerapkan, mengelola, dan meningkatkan puluhan ribu klaster Kubernetes sambil mengelola akses identitas, kebijakan, dan keamanan yang konsisten di semua klaster. 

Volterra juga menawarkan kemudahan penyekalaan sambil mendukung manajemen siklus hidup yang lengkap akibat peningkatan kompleksitas jaringan. 

Volterra menekan biaya operasional, mempercepat waktu penetrasi ke pasar, dan mengurangi kompleksitas jaringan dengan mengkonsolidasikan layanan dan menawarkan single pane of glass untuk mengelola dan mengontrol jaringan. Implementasi 5G dan edge computing perlu disederhanakan dalam hal penerapan dan operasinya. 

Dalam laporan IDG, 2,86 persen penyedia layanan menganggap mengintegrasikan solusi edge computing sangat menantang. Tetapi dengan Volterra, mengimplementasikan edge sebagai layanan tidak lagi menantang atau rumit. 

Voltera memiliki control plane yang terpusat serta data plane yang bisa ditingkatkan, yang memungkinkan penyedia layanan mendapatkan waktu layanan yang lebih cepat untuk mulai memonetisasi investasi mereka sambil memenuhi apa yang telah dijanjikan oleh 5G.

Volterra menyediakan platform untuk mengelola semua aplikasi terdistribusi dari pusat data inti hingga edge, far-edge, dan enterprise edge

“Volterra memberikan kepercayaan multi-cloud. Ini berarti bahwa Volterra menyediakan kemampuan untuk menghubungkan dan berbagi beban kerja dengan seluruh lingkungan terdistribusi dari beberapa penyedia publikprivate dan edge,” kata Sinamo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper