Luncurkan 5G, Indosat Kolaborasi dengan Pemkot Surakarta

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 22 Juni 2021 | 14:40 WIB
Presiden Direktur dan CEO Indosat Ahmad Al-Neama (kiri) dan Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka (kanan)
Presiden Direktur dan CEO Indosat Ahmad Al-Neama (kiri) dan Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka (kanan)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk (ISAT) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Surakarta. Peluncuran teknologi generasi kelima di kota ini bertujuan mengoptimalkan transformasi digital dan mendorong lahirnya inovasi bisnis baru yang berdampak pada pemulihan ekonomi.

Presiden Direktur dan CEO Indosat Ahmad Al-Neama mengatakan layanan 5G baru di Surakarta menawarkan konsumen dan pelanggan bisnis Indosat akses internet seluler yang lebih cepat, demi mewujudkan transformasi digital dan pemulihan ekonomi di kota tersebut.

Peluncuran layanan 5G komersial merupakan bagian dari kemitraan baru dengan Pemerintah Kota Surakarta (Solo) untuk mendukung pemulihan ekonomi. Kemitraan juga mencakup kolaborasi di ranah pemberdayaan UMKM, pendidikan talenta digital, dan pengembangan kota pintar (smart city).

“Kami percaya teknologi ini akan membantu mengakselerasi transformasi digital masyarakat Indonesia dan mendorong inovasi bisnis di semua industri,” kata Ahmad dalam konferensi virtual, Selasa (22/6/2021). 

Sekadar informasi, dalam mengembangkan layanan 5G di Surakarta, Indosat berfokus untuk mengoptimalkan pengalaman 5G di tiga kasus penggunaan (use cases). Pertama, menghadirkan internet cepat bergerak  yang ditingkatkan untuk kualitas video nirkabel yang lebih baik, video gim, dan aplikasi seluler intensif data lainnya. 

Kedua, mendorong visi Kota Pintar & Industri 4.0 di Surakarta yang lebih baik, melalui penerapan teknologi pembelajaran mesin dan otomatisasi operasi. Terakhir, edutainment pintar yang menggabungkan kekuatan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan 5G akan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi nasional berkat teknologinya yang unggul. 

Dia berharap komersialisasi 5G tahap awal ini dapat berkontribusi mewujudkan visi nasional menjadi pusat digital di kawasan. 

“Mari bersama kita pastikan kehadiran layanan 5G ini akan membawa beragam manfaat bagi bangsa dan berdampak signifikan terhadap pemulihan ekonomi,” kata Johnny.  

Pada kesempatan yang sama, CEO Huawei Indonesia Jacky Chen mengatakan teknologi 5G ditemukan seiring upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengejar inovasi teknologi. 

5G menghadirkan masa depan yang tak terbatas, mulai dari konektivitas tanpa batas, pengembangan Kota Pintar, transformasi digital, hingga akselerasi pertumbuhan ekonomi digital. 

“Teknologi akan terus menciptakan nilai lebih dan mendorong inovasi,” kata Chen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper