19 Juni Akan Ada Hujan Meteor Ofiukid, Ini Waktu yang Tepat Menyaksikannya

Sartika Nuralifah
Kamis, 17 Juni 2021 | 16:44 WIB
Hujan meteor Ofiukid
Hujan meteor Ofiukid
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena astronomi akan kembali datang pada bulan Juni tahun 2021. Pada bulan Juni tanggal 19 hingga 20 akan terjadi hujan meteor Ofiukid.

Sementara puncak fase bulan perbani akan terjadi pada tanggal 18 Juni pukul 10.54.14 WIB/ 11.54.14 WITA/ 12.54.14 WIT.

Dikutip dari instagram Pussain Lapan, hujan meteor Ofiukid merupakah hujan meteror yang titik awal kemunculan meteornya terletak pada konstelasi Ofiukus.

Hujan meteor Ofiukid dapat disaksikan dari arah Timur hingga Tenggara setelah matahari terbenam, dan berkulminasi sebelum tengah malam di arah Selatan dan terbenam di arah Barat-Barat Daya sebelum terbit matahari.

Seperti namanya, hujan meteor ini terlihat dari arah rasi bintang Ophiuchus. Hujan meteor Ofiukid termasuk ke dalam hujan meteor anthelion yaitu hujan meteor yang titik awal kemunculan meteornya berlawanan dengan posisi dari matahari. Kurang lebih sekitar 15 derajat sebelah timur dari titik anthelion. Intensitas maksimumnya ketika di zenith hanya 5 meteor per jam.

Tingkat jatuhnya meteor Ofiukid pun beragam. Rata-rata 8 hingga 20 meteor per jam. Bahkan kadang-kadang bisa jatuh lebih banyak lagi.

Hujan meteor Ofiukid bisa kita lihat saat kondisi langit malam cerah dantidak dalam kondisi hujan. Jika hendak melihat hujan meteor Ofiukid dilangit, kita bisa lihat secara langsung. Usahakan cari tempat yang tidak terhalang oleh pepohonan atau gedung tinggi agar bisa melihat hujan meteor Ofiukid secara jelas.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper